PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA MTsN PEKANBARU

Main Author: SEFMIMI JULIATI,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/2137/1/2013_2013820PMT.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2137/
ctrlnum 2137
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/2137/</relation><title>PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN&#xD; AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR)&#xD; TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI&#xD; MATEMATIKA SISWA MTsN&#xD; PEKANBARU</title><creator>SEFMIMI JULIATI, </creator><subject>510 Matematika</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh&#xD; kemampuan komunikasi matematika antara siswa yang belajar dengan&#xD; menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR)&#xD; dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Rumusan&#xD; masalah dalam penelitian ini adalah &#x201C;Apakah terdapat pengaruh kemampuan&#xD; komunikasi matematika antara siswa yang belajar dengan menggunakan model&#xD; pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dengan siswa yang belajar&#xD; menggunakan pembelajaran konvensional di MTsN Pekanbaru?&#x201D;&#xD; Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan&#xD; adalah Posttest-only Design with Nonequivalent Group. Dalam penelitian ini&#xD; peneliti yang berperan langsung dalam proses pembelajaran dan sebagai observer.&#xD; Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN Pekanbaru, sedangkan&#xD; objek dalam penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematika siswa.&#xD; Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar&#xD; observasi, dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama lima kali,&#xD; yaitu empat kali pertemuan dengan menggunakan metode pembelajaran Auditory&#xD; Intellectually Repetition (AIR) dan satu pertemuan lagi dilaksanakan postes.&#xD; Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan uji Chi Kuadrat untuk menguji&#xD; normalitas data, uji varian untuk melihat homogenitas data, kemudian digunakan&#xD; rumus tes-t untuk mengetahui hasil penelitian.&#xD; Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat&#xD; perbedaan kemampuan komunikasi matematika antara siswa yang belajar dengan&#xD; menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR)&#xD; dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional di MTsN&#xD; Pekanbaru.</description><date>2013-01-28</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/2137/1/2013_2013820PMT.pdf</identifier><identifier> SEFMIMI JULIATI, (2013) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA MTsN PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU. </identifier><recordID>2137</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author SEFMIMI JULIATI,
title PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA MTsN PEKANBARU
publishDate 2013
topic 510 Matematika
url http://repository.uin-suska.ac.id/2137/1/2013_2013820PMT.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2137/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kemampuan komunikasi matematika antara siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat pengaruh kemampuan komunikasi matematika antara siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional di MTsN Pekanbaru?” Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Posttest-only Design with Nonequivalent Group. Dalam penelitian ini peneliti yang berperan langsung dalam proses pembelajaran dan sebagai observer. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN Pekanbaru, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematika siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama lima kali, yaitu empat kali pertemuan dengan menggunakan metode pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dan satu pertemuan lagi dilaksanakan postes. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan uji Chi Kuadrat untuk menguji normalitas data, uji varian untuk melihat homogenitas data, kemudian digunakan rumus tes-t untuk mengetahui hasil penelitian. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematika antara siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional di MTsN Pekanbaru.
id IOS7815.2137
institution Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 47
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
library_id 4
collection Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau
repository_id 7815
city KOTA PEKANBARU
province RIAU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7815
first_indexed 2019-07-31T02:05:29Z
last_indexed 2019-07-31T02:05:29Z
recordtype dc
_version_ 1674821885942038528
score 17.538404