PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA MTsN PEKANBARU
Main Author: | SEFMIMI JULIATI, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/2137/1/2013_2013820PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2137/ |
ctrlnum |
2137 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/2137/</relation><title>PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN
AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR)
TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI
MATEMATIKA SISWA MTsN
PEKANBARU</title><creator>SEFMIMI JULIATI, </creator><subject>510 Matematika</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh
kemampuan komunikasi matematika antara siswa yang belajar dengan
menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR)
dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Rumusan
masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat pengaruh kemampuan
komunikasi matematika antara siswa yang belajar dengan menggunakan model
pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dengan siswa yang belajar
menggunakan pembelajaran konvensional di MTsN Pekanbaru?”
Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan
adalah Posttest-only Design with Nonequivalent Group. Dalam penelitian ini
peneliti yang berperan langsung dalam proses pembelajaran dan sebagai observer.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN Pekanbaru, sedangkan
objek dalam penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematika siswa.
Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar
observasi, dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama lima kali,
yaitu empat kali pertemuan dengan menggunakan metode pembelajaran Auditory
Intellectually Repetition (AIR) dan satu pertemuan lagi dilaksanakan postes.
Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan uji Chi Kuadrat untuk menguji
normalitas data, uji varian untuk melihat homogenitas data, kemudian digunakan
rumus tes-t untuk mengetahui hasil penelitian.
Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat
perbedaan kemampuan komunikasi matematika antara siswa yang belajar dengan
menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR)
dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional di MTsN
Pekanbaru.</description><date>2013-01-28</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/2137/1/2013_2013820PMT.pdf</identifier><identifier> SEFMIMI JULIATI, (2013) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA MTsN PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU. </identifier><recordID>2137</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
SEFMIMI JULIATI, |
title |
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN
AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR)
TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI
MATEMATIKA SISWA MTsN
PEKANBARU |
publishDate |
2013 |
topic |
510 Matematika |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/2137/1/2013_2013820PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2137/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh
kemampuan komunikasi matematika antara siswa yang belajar dengan
menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR)
dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Rumusan
masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat pengaruh kemampuan
komunikasi matematika antara siswa yang belajar dengan menggunakan model
pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dengan siswa yang belajar
menggunakan pembelajaran konvensional di MTsN Pekanbaru?”
Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan
adalah Posttest-only Design with Nonequivalent Group. Dalam penelitian ini
peneliti yang berperan langsung dalam proses pembelajaran dan sebagai observer.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN Pekanbaru, sedangkan
objek dalam penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematika siswa.
Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar
observasi, dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama lima kali,
yaitu empat kali pertemuan dengan menggunakan metode pembelajaran Auditory
Intellectually Repetition (AIR) dan satu pertemuan lagi dilaksanakan postes.
Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan uji Chi Kuadrat untuk menguji
normalitas data, uji varian untuk melihat homogenitas data, kemudian digunakan
rumus tes-t untuk mengetahui hasil penelitian.
Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat
perbedaan kemampuan komunikasi matematika antara siswa yang belajar dengan
menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR)
dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional di MTsN
Pekanbaru. |
id |
IOS7815.2137 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2019-07-31T02:05:29Z |
last_indexed |
2019-07-31T02:05:29Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674821885942038528 |
score |
17.538404 |