PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN SELF EFFICACY SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 18 PEKANBARU
ctrlnum |
20908 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/20908/</relation><title>PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN SELF EFFICACY SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 18 PEKANBARU</title><creator>Rifdi Agus, -</creator><subject>370 Pendidikan</subject><description>Tujuan penelitian ini (1) untuk mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan
kelompok dalam meningkatkan self efficacy siswa di sekolah menengah pertama
negeri 18 Pekanbaru (2) untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi
pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan self efficacy
siswa di sekolah menengah pertama negeri 18 Pekanbaru. Jenis penelitian ini
adalah deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah 2 orang guru
bimbingan konseling. Untuk mengumpulkan data digunakan teknik wawancara
dan dokumentasi. Data hasil wawancara dan dokumentasi dianalisis secara naratif
yaitu menjelaskan dengan kalimat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan bimbingan
kelompok dalam meningkatkan self efficacy siswa di SMP Negeri 18 Pekanbaru
bahwa (1) guru bimbingan konseling membuat RPL layanan orientasi berkaitan
dengan self efficacy siswa (2) guru bimbingan konseling membuka pelaksanaan
layanan bimbingan kelompok dengan pendahuluan (mengucapkan salam,
melakukan doa, absen, mengajukan pertanyaan, dan apersepsi) (3) guru
bimbingan konseling mengungkapkan pengertian dan tujuan yang akan dicapai
dalam pelaksanaan layanan bimbingan kelompok (4) guru bimbingan konseling
menggunakan media saat menyampaikan materi (5) guru bimbingan konseling
menggunakan format klasikal saat pelaksanaan layanan bimbingan kelompok (6)
guru bimbingan konseling menggunakan metode simulasi permainan game dan
presentasi dalam pelaksanaan layanan bimbingan kelompok (7) guru bimbingan
konseling mengevaluasi pelaksanaan layanan bimbingan kelompok (8) guru
bimbingan konseling melaksanakan tindak lanjut terhadap pelaksanaan layanan
bimbingan kelompok. Temuan penelitian mengenai faktor faktor yang
mempengaruhi pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan
self efficacy siswa adalah (1) latar belakang pendidikan guru bimbingan konseling
(2) lama bertugas sebagai guru bimbingan konseling (3) pengalaman guru
bimbingan konseling.



Kata kunci: Pelaksanaan Bimbingan Kelompok, Self Efficacy</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/20908/1/0.%20COVER%20SKRIPSI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/20908/2/2.%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/20908/3/6.%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/20908/4/3.%20PENGHARGAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/20908/5/7.%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/20908/6/10.BAB%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/20908/7/11.BAB%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/20908/8/12.BAB%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/20908/9/13.BAB%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/20908/10/14.BAB%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/20908/11/15.DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Rifdi Agus, - (2019) PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN SELF EFFICACY SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 18 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>20908</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Rifdi Agus, - |
title |
PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN SELF EFFICACY SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 18 PEKANBARU |
publishDate |
2019 |
topic |
370 Pendidikan |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/20908/1/0.%20COVER%20SKRIPSI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/20908/2/2.%20PENGESAHAN.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/20908/3/6.%20ABSTRAK.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/20908/4/3.%20PENGHARGAAN.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/20908/5/7.%20DAFTAR%20ISI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/20908/6/10.BAB%201.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/20908/7/11.BAB%202.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/20908/8/12.BAB%203.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/20908/9/13.BAB%204.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/20908/10/14.BAB%205.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/20908/11/15.DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/20908/ |
contents |
Tujuan penelitian ini (1) untuk mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan
kelompok dalam meningkatkan self efficacy siswa di sekolah menengah pertama
negeri 18 Pekanbaru (2) untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi
pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan self efficacy
siswa di sekolah menengah pertama negeri 18 Pekanbaru. Jenis penelitian ini
adalah deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah 2 orang guru
bimbingan konseling. Untuk mengumpulkan data digunakan teknik wawancara
dan dokumentasi. Data hasil wawancara dan dokumentasi dianalisis secara naratif
yaitu menjelaskan dengan kalimat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan bimbingan
kelompok dalam meningkatkan self efficacy siswa di SMP Negeri 18 Pekanbaru
bahwa (1) guru bimbingan konseling membuat RPL layanan orientasi berkaitan
dengan self efficacy siswa (2) guru bimbingan konseling membuka pelaksanaan
layanan bimbingan kelompok dengan pendahuluan (mengucapkan salam,
melakukan doa, absen, mengajukan pertanyaan, dan apersepsi) (3) guru
bimbingan konseling mengungkapkan pengertian dan tujuan yang akan dicapai
dalam pelaksanaan layanan bimbingan kelompok (4) guru bimbingan konseling
menggunakan media saat menyampaikan materi (5) guru bimbingan konseling
menggunakan format klasikal saat pelaksanaan layanan bimbingan kelompok (6)
guru bimbingan konseling menggunakan metode simulasi permainan game dan
presentasi dalam pelaksanaan layanan bimbingan kelompok (7) guru bimbingan
konseling mengevaluasi pelaksanaan layanan bimbingan kelompok (8) guru
bimbingan konseling melaksanakan tindak lanjut terhadap pelaksanaan layanan
bimbingan kelompok. Temuan penelitian mengenai faktor faktor yang
mempengaruhi pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan
self efficacy siswa adalah (1) latar belakang pendidikan guru bimbingan konseling
(2) lama bertugas sebagai guru bimbingan konseling (3) pengalaman guru
bimbingan konseling.
Kata kunci: Pelaksanaan Bimbingan Kelompok, Self Efficacy |
id |
IOS7815.20908 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2019-10-15T18:22:58Z |
last_indexed |
2019-10-15T18:22:58Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1680927017820749824 |
score |
17.538404 |