PENGARUH FASILITAS BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA JURUSAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 TAMBANG KABUPATEN KAMPAR
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya motivasi belajar siswa jurusan ilmu pengetahuan sosial (IPS) pada mata pelajaran ekonomi Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tambang Kabupaten Kampar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa jurusan ilmu pengetahuan sosial (IPS) pada mata pelajaran ekonomi sekolah menengah atas negeri 2 tambang kabupaten kampar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan ilmu pengetahuan sosial (IPS) pada mata pelajaran ekonomi Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tambang Kabupaten Kampar. Sedangkan objeknya adalah pengaruh fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa. populasi dalam penelitian ini berjumlah 136 siswa. sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 101 orang. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan analisis regresi linier sederhana. Besarnya koefisien korelasi adalah rh (hitung) = 0,613. Dari hasil analisis diketahui df = 99, rt(tabel) pada taraf signifikan 5% = 0,195, (0,613>0,195) ini berarti Ha diterima, Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa jurusan ilmu pengetahuan sosial (IPS) pada mata pelajaran ekonomi Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tambang Kabupaten Kampar. Sedangkan besar pengaruhnya adalah 37,6%. Sedangkan sisanya 62,4% (100%-37,6%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Kata kunci : Fasilitas belajar, motivasi belajar siswa