PENGARUH FASILITAS BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA JURUSAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 TAMBANG KABUPATEN KAMPAR
ctrlnum |
18325 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/18325/</relation><title>PENGARUH FASILITAS BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA JURUSAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 TAMBANG KABUPATEN KAMPAR</title><creator>ELDI MALISTUTI, </creator><subject>371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar</subject><description>Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya motivasi belajar siswa
jurusan ilmu pengetahuan sosial (IPS) pada mata pelajaran ekonomi Sekolah
Menengah Atas Negeri 2 Tambang Kabupaten Kampar. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara fasilitas
belajar terhadap motivasi belajar siswa jurusan ilmu pengetahuan sosial (IPS)
pada mata pelajaran ekonomi sekolah menengah atas negeri 2 tambang kabupaten
kampar.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan ilmu 
pengetahuan sosial (IPS) pada mata pelajaran ekonomi Sekolah Menengah Atas 
Negeri 2 Tambang Kabupaten Kampar. Sedangkan objeknya adalah pengaruh
fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa. populasi dalam penelitian ini
berjumlah 136 siswa. sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 101
orang. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini
adalah angket dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan
analisis regresi linier sederhana.
Besarnya koefisien korelasi adalah rh (hitung) = 0,613. Dari hasil analisis
diketahui df = 99, rt(tabel) pada taraf signifikan 5% = 0,195, (0,613>0,195) ini
berarti Ha diterima, Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan antara fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa jurusan ilmu
pengetahuan sosial (IPS) pada mata pelajaran ekonomi Sekolah Menengah Atas
Negeri 2 Tambang Kabupaten Kampar. Sedangkan besar pengaruhnya adalah
37,6%. Sedangkan sisanya 62,4% (100%-37,6%) dipengaruhi oleh variabel lain
yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. 
Kata kunci : Fasilitas belajar, motivasi belajar siswa</description><date>2017</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/18325/1/1.%20COVER_2017813PIPS-E.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/18325/2/2.%20PENGESAHAN_2017813PIPS-E.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/18325/3/3.%20ABSTRAK_2017813PIPS-E.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/18325/4/4.%20PENGHARGAAN_2017813PIPS-E.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/18325/5/5.%20DAFTAR%20ISI_2017813PIPS-E.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/18325/6/6.%20BAB%20I_2017813PIPS-E.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/18325/7/7.%20BAB%20II_2017813PIPS-E.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/18325/8/8.%20BAB%20III_2017813PIPS-E.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/18325/9/9.%20BAB%20IV_2017813PIPS-E.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/18325/10/10.%20BAB%20V_2017813PIPS-E.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/18325/11/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA_2017813PIPS-E.pdf</identifier><identifier> ELDI MALISTUTI, (2017) PENGARUH FASILITAS BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA JURUSAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>18325</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
ELDI MALISTUTI, |
title |
PENGARUH FASILITAS BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA JURUSAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 TAMBANG KABUPATEN KAMPAR |
publishDate |
2017 |
topic |
371.3 Metode Belajar Mengajar Kegiatan Belajar Mengajar |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/18325/1/1.%20COVER_2017813PIPS-E.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/18325/2/2.%20PENGESAHAN_2017813PIPS-E.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/18325/3/3.%20ABSTRAK_2017813PIPS-E.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/18325/4/4.%20PENGHARGAAN_2017813PIPS-E.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/18325/5/5.%20DAFTAR%20ISI_2017813PIPS-E.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/18325/6/6.%20BAB%20I_2017813PIPS-E.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/18325/7/7.%20BAB%20II_2017813PIPS-E.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/18325/8/8.%20BAB%20III_2017813PIPS-E.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/18325/9/9.%20BAB%20IV_2017813PIPS-E.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/18325/10/10.%20BAB%20V_2017813PIPS-E.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/18325/11/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA_2017813PIPS-E.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/18325/ |
contents |
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya motivasi belajar siswa
jurusan ilmu pengetahuan sosial (IPS) pada mata pelajaran ekonomi Sekolah
Menengah Atas Negeri 2 Tambang Kabupaten Kampar. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara fasilitas
belajar terhadap motivasi belajar siswa jurusan ilmu pengetahuan sosial (IPS)
pada mata pelajaran ekonomi sekolah menengah atas negeri 2 tambang kabupaten
kampar.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan ilmu
pengetahuan sosial (IPS) pada mata pelajaran ekonomi Sekolah Menengah Atas
Negeri 2 Tambang Kabupaten Kampar. Sedangkan objeknya adalah pengaruh
fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa. populasi dalam penelitian ini
berjumlah 136 siswa. sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 101
orang. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini
adalah angket dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan
analisis regresi linier sederhana.
Besarnya koefisien korelasi adalah rh (hitung) = 0,613. Dari hasil analisis
diketahui df = 99, rt(tabel) pada taraf signifikan 5% = 0,195, (0,613>0,195) ini
berarti Ha diterima, Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan antara fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa jurusan ilmu
pengetahuan sosial (IPS) pada mata pelajaran ekonomi Sekolah Menengah Atas
Negeri 2 Tambang Kabupaten Kampar. Sedangkan besar pengaruhnya adalah
37,6%. Sedangkan sisanya 62,4% (100%-37,6%) dipengaruhi oleh variabel lain
yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
Kata kunci : Fasilitas belajar, motivasi belajar siswa |
id |
IOS7815.18325 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2019-09-10T18:44:45Z |
last_indexed |
2019-09-10T18:44:45Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674822028407865344 |
score |
17.538404 |