PENERAPAN STRATEGI KEPUTUSAN TERBUKA TIGA-TAHAP DAPAT MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 036 GOBAH KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 036 Gobah melalui penerapan strategi keputusan terbuka tigaTahap. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial yang diantaranya kurang nya siswa mengajukan pertanyaan dalam pembelajaran berlangsung, siswa kurang mengemukakan pendapat setelah proses pembelajaran, sebagian dari siswa hanya membuat catatan penting tentang materi yang telah dijelaskan guru. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 036 Gobah. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi keputusan terbuka tiga-tahap dan aktivitas belajar siswa. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif, yaitu dimulai dari menghimpun data, menyusun atau mengatur data, mengolah data, menyajikan data dan menganalisis data angka guna memberikan gambaran tentang suatu gejala, peristiwa atau keadaan dan dicari rata-rata persentasenya. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat diketahui bahwa penerapan strategi keputusan terbuka tiga-tahap dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, hal ini dapat diketahui sebelum tindakan aktivitas belajar siswa hanya mencapai 53,26%. Kemudian setelah menerapkan strategi keputusan terbuka tiga-tahap pada siklus I aktivitas belajar siswa mencapai 71,15%. Pada siklus II aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 84,23%. Dengan demikian maka penerapan strategi keputusan terbuka tiga-tahap dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 036 Gobah dapat diterima. Kata Kunci : Strategi Keputusan Terbuka Tiga-Tahap, Aktivitas Belajar Siswa, Ilmu Pengetahuan Sosial