ANALISIS STRATEGI BAURAN PEMASARAN (7P) BERDASARKAN SEGMENTING, TARGETING, DAN POSITIONING UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA USAHA RUMAH MAKAN AMPERA BUDE
Daftar Isi:
- Rumah Makan Ampera Bude merupakan salah satu usaha yang ikut meramaikan pasar sektor industri makanan cepat saji di Pekanbaru panam khususnya di Perumahan Paradis. Sebagai usaha baru Rumah Makan Ampera Bude perlu menganalisis strategi pemasaran yang tepat untuk dapat bersaing dalam memperebutkan pangsa pasar. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan segmenting, targeting dan positioningusaha Rumah Makan Ampera Bude, menganalisis pengaruh variabel bauran pemasaran (7P) terhadap keputusan pembelian makanan di Rumah Makan Ampera Bude, dan menganalisis strategi bauran pemasaran (7P) yang efektif untuk meningkatkan omset penjualan berdasarkan analisis segmenting, targeting dan positioning. Segmen yang dipilih menjadi target sasaran Rumah Makan Ampera Bude adalah segmen mahasiswa yang pada umumnya berusia 20-25 tahun. Rumah Makan Ampera Bude memiliki positioning tingkat menengah bagi masyarakat khususnya dari segi pendapatan yang di dapat oleh pemilik Rumah Makan Ampera Bude lebih rendah dibandingkan Rumah Makan Pesaing yaitu Rumah Makan Ampera Dua Bunda.dari hasil analisis korelasi product moment dari KarlPearsondiketahui bahwa hanya 5 variabel bauran pemasaran yang berpengaruh pada keputusan pembelian yaitu variabel Product dengan nilai korelasi sebesar 0,622, Process dengan nilai korelasi 0,504, Price dengan nilai korelasi 0,467, Physical Evidence dengan nilai korelasi 0,450 dan Promotiondengan nilai korelasi 0,401.Kata kunci: Bauran Pemasaran (7P), Positioning, Segmenting, Targeting