Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode studi kasus pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas V Sekolah Dasar Negeri 003 Batu Belah. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan social, diantaranya: 1) Dari 20 siswa hanya sebagian yang memperoleh nilai di atas KKM yang telah ditetapkan yaitu 65, sedangkan yang lain masih tergolong belum tuntas, 2) Siswa masih kesulitan dalam menjawab soal kuis yang diberikan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa . Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas V Sekolah Dasar Negeri 003 Batu belah kecamatan kampar kabupaten kampar melalui studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus,tiap siklus dua kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data: 1) Tes , 2) Observasi Dan, 3) Dokumentasi. Sedangkan teknik analisa datanya melalui statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data bahwa hasil belajar siswa melalui metode studi kasus pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dapatmeningkat, hal ini dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa sebelum tindakan sebesar 45% atau 9 orang siswa yang tuntas, pada siklus I hasil belajar siswa dengan rata-rata 62,25% atau 12 orang siswa yang tuntas. Berdasarkan perbaikan pada siklus II hasil belajar siswa meningkat mencapai 78,50% dengan jumlah 17 orang siswa yang tuntas. Dengan demikian metode studi kasus dapat digunakan khususnya mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Studi Kasus, Ilmu Pengetahuan Sosial