ctrlnum 18316
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/18316/</relation><title>PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE STUDI KASUS PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 003 BATU BELAH KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR</title><creator>RISMAINI, </creator><subject>371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui&#xD; metode studi kasus pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas V Sekolah&#xD; Dasar Negeri 003 Batu Belah. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil&#xD; belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan social, diantaranya: 1) Dari 20&#xD; siswa hanya sebagian yang memperoleh nilai di atas KKM yang telah ditetapkan&#xD; yaitu 65, sedangkan yang lain masih tergolong belum tuntas, 2) Siswa masih&#xD; kesulitan dalam menjawab soal kuis yang diberikan.&#xD; Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Subjek dalam&#xD; penelitian ini adalah guru dan siswa . Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah&#xD; peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas&#xD; V Sekolah Dasar Negeri 003 Batu belah kecamatan kampar kabupaten kampar&#xD; melalui studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus,tiap siklus dua kali&#xD; pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data: 1) Tes , 2) Observasi Dan, 3)&#xD; Dokumentasi. Sedangkan teknik analisa datanya melalui statistik deskriptif.&#xD; Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data bahwa hasil belajar siswa&#xD; melalui metode studi kasus pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial&#xD; dapatmeningkat, hal ini dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa sebelum tindakan&#xD; sebesar 45% atau 9 orang siswa yang tuntas, pada siklus I hasil belajar siswa dengan&#xD; rata-rata 62,25% atau 12 orang siswa yang tuntas. Berdasarkan perbaikan pada siklus&#xD; II hasil belajar siswa meningkat mencapai 78,50% dengan jumlah 17 orang siswa&#xD; yang tuntas. Dengan demikian metode studi kasus dapat digunakan khususnya mata&#xD; pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.&#xD; &#xD; Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Studi Kasus, Ilmu Pengetahuan Sosial</description><date>2017</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/18316/1/1.%20COVER_2017811PGMI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/18316/2/2.%20PENGESAHAN_2017811PGMI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/18316/3/3.%20ABSTRAK_2017811PGMI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/18316/4/4.%20PENGHARGAAN_2017811PGMI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/18316/5/5.%20DAFTAR%20ISI_2017811PGMI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/18316/6/6.%20BAB%20I_2017811PGMI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/18316/7/7.%20BAB%20II_2017811PGMI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/18316/8/8.%20BAB%20III_2017811PGMI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/18316/9/9.%20BAB%20IV_2017811PGMI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/18316/10/10.%20BAB%20V_2017811PGMI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/18316/11/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA_2017811PGMI.pdf</identifier><identifier> RISMAINI, (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE STUDI KASUS PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 003 BATU BELAH KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>18316</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author RISMAINI,
title PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE STUDI KASUS PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 003 BATU BELAH KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR
publishDate 2017
topic 371.3 Metode Belajar Mengajar
Kegiatan Belajar Mengajar
url http://repository.uin-suska.ac.id/18316/1/1.%20COVER_2017811PGMI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/18316/2/2.%20PENGESAHAN_2017811PGMI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/18316/3/3.%20ABSTRAK_2017811PGMI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/18316/4/4.%20PENGHARGAAN_2017811PGMI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/18316/5/5.%20DAFTAR%20ISI_2017811PGMI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/18316/6/6.%20BAB%20I_2017811PGMI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/18316/7/7.%20BAB%20II_2017811PGMI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/18316/8/8.%20BAB%20III_2017811PGMI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/18316/9/9.%20BAB%20IV_2017811PGMI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/18316/10/10.%20BAB%20V_2017811PGMI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/18316/11/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA_2017811PGMI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/18316/
contents Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode studi kasus pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas V Sekolah Dasar Negeri 003 Batu Belah. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan social, diantaranya: 1) Dari 20 siswa hanya sebagian yang memperoleh nilai di atas KKM yang telah ditetapkan yaitu 65, sedangkan yang lain masih tergolong belum tuntas, 2) Siswa masih kesulitan dalam menjawab soal kuis yang diberikan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa . Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas V Sekolah Dasar Negeri 003 Batu belah kecamatan kampar kabupaten kampar melalui studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus,tiap siklus dua kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data: 1) Tes , 2) Observasi Dan, 3) Dokumentasi. Sedangkan teknik analisa datanya melalui statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data bahwa hasil belajar siswa melalui metode studi kasus pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dapatmeningkat, hal ini dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa sebelum tindakan sebesar 45% atau 9 orang siswa yang tuntas, pada siklus I hasil belajar siswa dengan rata-rata 62,25% atau 12 orang siswa yang tuntas. Berdasarkan perbaikan pada siklus II hasil belajar siswa meningkat mencapai 78,50% dengan jumlah 17 orang siswa yang tuntas. Dengan demikian metode studi kasus dapat digunakan khususnya mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Studi Kasus, Ilmu Pengetahuan Sosial
id IOS7815.18316
institution Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 47
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
library_id 4
collection Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau
repository_id 7815
city KOTA PEKANBARU
province RIAU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7815
first_indexed 2019-09-10T18:44:45Z
last_indexed 2019-09-10T18:44:45Z
recordtype dc
_version_ 1674822028362776576
score 17.538404