PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE STUDI KASUS PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 003 BATU BELAH KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR
ctrlnum |
18316 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/18316/</relation><title>PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE STUDI KASUS PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 003 BATU BELAH KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR</title><creator>RISMAINI, </creator><subject>371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui
metode studi kasus pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas V Sekolah
Dasar Negeri 003 Batu Belah. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil
belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan social, diantaranya: 1) Dari 20
siswa hanya sebagian yang memperoleh nilai di atas KKM yang telah ditetapkan
yaitu 65, sedangkan yang lain masih tergolong belum tuntas, 2) Siswa masih
kesulitan dalam menjawab soal kuis yang diberikan.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Subjek dalam
penelitian ini adalah guru dan siswa . Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah
peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas
V Sekolah Dasar Negeri 003 Batu belah kecamatan kampar kabupaten kampar
melalui studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus,tiap siklus dua kali
pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data: 1) Tes , 2) Observasi Dan, 3)
Dokumentasi. Sedangkan teknik analisa datanya melalui statistik deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data bahwa hasil belajar siswa
melalui metode studi kasus pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial
dapatmeningkat, hal ini dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa sebelum tindakan
sebesar 45% atau 9 orang siswa yang tuntas, pada siklus I hasil belajar siswa dengan
rata-rata 62,25% atau 12 orang siswa yang tuntas. Berdasarkan perbaikan pada siklus
II hasil belajar siswa meningkat mencapai 78,50% dengan jumlah 17 orang siswa
yang tuntas. Dengan demikian metode studi kasus dapat digunakan khususnya mata
pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Studi Kasus, Ilmu Pengetahuan Sosial</description><date>2017</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/18316/1/1.%20COVER_2017811PGMI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/18316/2/2.%20PENGESAHAN_2017811PGMI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/18316/3/3.%20ABSTRAK_2017811PGMI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/18316/4/4.%20PENGHARGAAN_2017811PGMI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/18316/5/5.%20DAFTAR%20ISI_2017811PGMI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/18316/6/6.%20BAB%20I_2017811PGMI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/18316/7/7.%20BAB%20II_2017811PGMI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/18316/8/8.%20BAB%20III_2017811PGMI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/18316/9/9.%20BAB%20IV_2017811PGMI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/18316/10/10.%20BAB%20V_2017811PGMI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/18316/11/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA_2017811PGMI.pdf</identifier><identifier> RISMAINI, (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE STUDI KASUS PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 003 BATU BELAH KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>18316</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
RISMAINI, |
title |
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE STUDI KASUS PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 003 BATU BELAH KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR |
publishDate |
2017 |
topic |
371.3 Metode Belajar Mengajar Kegiatan Belajar Mengajar |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/18316/1/1.%20COVER_2017811PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/18316/2/2.%20PENGESAHAN_2017811PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/18316/3/3.%20ABSTRAK_2017811PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/18316/4/4.%20PENGHARGAAN_2017811PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/18316/5/5.%20DAFTAR%20ISI_2017811PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/18316/6/6.%20BAB%20I_2017811PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/18316/7/7.%20BAB%20II_2017811PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/18316/8/8.%20BAB%20III_2017811PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/18316/9/9.%20BAB%20IV_2017811PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/18316/10/10.%20BAB%20V_2017811PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/18316/11/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA_2017811PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/18316/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui
metode studi kasus pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas V Sekolah
Dasar Negeri 003 Batu Belah. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil
belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan social, diantaranya: 1) Dari 20
siswa hanya sebagian yang memperoleh nilai di atas KKM yang telah ditetapkan
yaitu 65, sedangkan yang lain masih tergolong belum tuntas, 2) Siswa masih
kesulitan dalam menjawab soal kuis yang diberikan.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Subjek dalam
penelitian ini adalah guru dan siswa . Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah
peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas
V Sekolah Dasar Negeri 003 Batu belah kecamatan kampar kabupaten kampar
melalui studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus,tiap siklus dua kali
pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data: 1) Tes , 2) Observasi Dan, 3)
Dokumentasi. Sedangkan teknik analisa datanya melalui statistik deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data bahwa hasil belajar siswa
melalui metode studi kasus pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial
dapatmeningkat, hal ini dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa sebelum tindakan
sebesar 45% atau 9 orang siswa yang tuntas, pada siklus I hasil belajar siswa dengan
rata-rata 62,25% atau 12 orang siswa yang tuntas. Berdasarkan perbaikan pada siklus
II hasil belajar siswa meningkat mencapai 78,50% dengan jumlah 17 orang siswa
yang tuntas. Dengan demikian metode studi kasus dapat digunakan khususnya mata
pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Studi Kasus, Ilmu Pengetahuan Sosial |
id |
IOS7815.18316 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2019-09-10T18:44:45Z |
last_indexed |
2019-09-10T18:44:45Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674822028362776576 |
score |
17.538404 |