Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperimen dengan rancangan pretest dan posttest yang dilakukan terhadap dua kelas, yaitu kelas ekseperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil ulangan belajar kimia siswa kelas X di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tambang. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran peer tutoring menggunakan media handout terhadap hasil belajar siswa pada materi hidrokarbon di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tambang. Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas X yang mempunyai tingkat homogenitas yang sama. Kelas X3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X4 sebagai kelas kontrol, dimana pengambilan sampel ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini melalui wawancara, tes data awal yaitu uji homogenitas dan tes data akhir yaitu pretest dan posttest, serta dokumentasi yang digunakan untuk memperkuat data yang diperoleh. Hasil analisis menunjukkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 82,34 sedangkan kelas kontrol adalah 77,29. Analisis data akhir pada penelitian ini menggunakan uji tes “t”, maka diperoleh nilai thitung = 2,38 dan ttabel = 2,00 pada taraf signifikan 5%. Nilai thitung > ttabel, sehingga Ho ditolak, dan Ha diterima yang berarti menunjukkan adanya pengaruh penerapan model pembelajaran peer tutoring menggunakan media handout terhadap hasil belajar siswa pada materi hidrokarbon di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tambang, dengan koefisien pengaruh (Kp) sebesar 8%. Kata Kunci : Peer Tutoring, Handout, Hasil Belajar, Hidrokarbon.