PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC AUDITORY VISUALIZATION INTELLECTUALLY (SAVI) MENGGUNAKAN MEDIA CD INTERAKTIF STRUKTUR ATOM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI PERTANIAN TERPADU PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar yang rendah pada materi pokok struktur atom siswa kelas X SMKN Pertanian Terpadu Pekanbaru Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh penerapan Model pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI) Menggunakan Media CD interaktif struktur atom terhadap hasil belajar siswa. Desain Penelitian ini dengan rancangan pretest dan posttest. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik simple random sampling, dimana dalam penelitian ini, X ATPH1 sebagai kelas eksperimen dan X ATPH2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan uji homogenitas sebagai data awal pada materi sebelumnya yaitu pengenalan kimia, wawancara, dokumentasi, observasi, pretest, dan posttest sebagai data akhir. Analisis data akhir pada penelitian ini menggunakan t-test. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung = 2,401 pada taraf signifikan 5% ttabel = 2,00. Nilai menunjukkan thitung > ttabel. Hal ini menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) model pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI) menggunakan media CD interaktif struktur atom berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, (2) besarnya pengaruh penerapan model pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI) menggunakan media CD interaktif struktur atom berpengaruh terhadap hasil belajar siswa yaitu 7,7% Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif, Hasil Belajar, Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI), CD Interaktif, Struktur Atom