Konsep Belajar Humanistik Dalam Presfektif Pendidikan Islam
Daftar Isi:
- Konsep Belajar humanistik mengajarkan manusia memiliki rasa kemanusiaan yang mendalam dari seorang guru terha dap peserta didik alam proses belajar dan mengajar. Menghilangkan rasa egois, otoriter, dan individualis dan tidak semena mena melakukan lawan bicara memahami atau masuk pada pembicaraan kita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Konsep Belajar Humanistik Dalam Presfektif Pendidikan Islam. Rumusan Masalah yang diajukan pertama Bagaimanakah Konsep Belajar Humanistik? Kedua Bagaimanakah implementasi konsep Belajar Humanistik Dalam Presfektif Pendidikan Islam? Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka (Library Reseach). Analisa dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analitis yaitu mendeskripsikan maupun mengklasifikasikan data dan kemudian disusul interpretasi terhadap hasil pemikiran. Hasil penelitian ini adalah; 1) Teori belajar humanistik adalah suatu perkembangan pemikiran dalam teori-teori pembelajaran. Inti teori belajar belajar humanistik adalah bahwa, jika seorang ingin membelajarkan siswa, maka guru harus memahami mereka, mengenai apa yang menjadi keinginan siswa itu sendiri, baik dari aspek materi maupun dari strategi Belajar.2. konsep Belajar Humanistik Dalam Presfektif Pendidikan Islam Prinsip-prinsip yang perlu diperhatikan dalam belajar menurut teori belajar humanistik adalah meliputi ; kematangan jasmani dan rohani, kesiapan siswa, tujuan materi pelajaran, kesungguhan siswa, prinsip ulangan dan latihan agar materi pelajaran itu betul meresap ke dalam otak. Adapun tujuan belajar menurut teori humanistik adalah tidak berbeda dengan tujuan belajar menurut teori-teori belajar Islam yang lain yakni supaya siswa mengetahui dan memahami dengan baik materi- materi yang dijelaskan oleh guru