PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR BIDANG STUDI AKIDAH AKHLAK PADA MATERI AKHLAK TERPUJI MELALUI STRATEGI LEADERLESS SMALL GROUP DISCUSSION SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) 1 KOTA PEKANBARU

Main Author: Nasrun,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/1768/1/2011_2011634.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/1768/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan strategi Leaderless Small Group Discussion dalam meningkatkan aktivitas belajar Bidang Studi Akidah Akhlak Pada materi Akhlak Terpuji siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Kota Pekanbaru. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V tahun pelajaran 2009-2010 dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi Leaderless Small Group Discussion untuk meningkatkan aktivitas belajar Bidang Studi Akidah Akhlak pada materi akhlak terpuji pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Kota Pekanbaru. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Berhasilnya penerapan strategi Leaderless Small Group Discussion pada mata pelajaran Akidah Akhlak, diketahui dari adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan hanya mencapai rata-rata persentase 54,55%, setelah dilakukan tindakan perbaikan ternyata aktivitas belajar siswa meningkat yaitu aktivitas belajar siswa pada siklus pertama mencapai 67,73% atau aktivitas belajar siswa masih tergolong “Cukup” karena 67,73% berada pada rentang 56-75%. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 80,91% atau aktivitas belajar siswa tergolong “Baik” karena 80,91% berada pada rentang 76-100%. Artinya keberhasilan siswa telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan, yaitu diatas 75%. Besar peningkatan yang diperoleh dari siklus I ke siklus II adalah 13,18%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan melalui strategi Leaderless Small Group Discussion dapat meningkatkan aktivitas belajar Bidang Studi Akidah Akhlak pada materi Akhlak Terpuji siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Kota Pekanbaru.