PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR BIDANG STUDI AKIDAH AKHLAK PADA MATERI AKHLAK TERPUJI MELALUI STRATEGI LEADERLESS SMALL GROUP DISCUSSION SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) 1 KOTA PEKANBARU
Main Author: | Nasrun, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/1768/1/2011_2011634.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/1768/ |
ctrlnum |
1768 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/1768/</relation><title>PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR BIDANG STUDI AKIDAH AKHLAK
PADA MATERI AKHLAK TERPUJI MELALUI STRATEGI LEADERLESS
SMALL GROUP DISCUSSION SISWA KELAS V
MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) 1
KOTA PEKANBARU</title><creator>Nasrun, </creator><subject>372.2 Sekolah Dasar, SD</subject><description>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa pada
mata pelajaran Akidah Akhlak. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah
bagaimanakah penerapan strategi Leaderless Small Group Discussion dalam
meningkatkan aktivitas belajar Bidang Studi Akidah Akhlak Pada materi Akhlak
Terpuji siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Kota Pekanbaru.
Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V tahun pelajaran
2009-2010 dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang. Sedangkan objek dalam
penelitian ini adalah penerapan strategi Leaderless Small Group Discussion untuk
meningkatkan aktivitas belajar Bidang Studi Akidah Akhlak pada materi akhlak
terpuji pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Kota Pekanbaru.
Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang
mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui
dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2)
Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi.
Berhasilnya penerapan strategi Leaderless Small Group Discussion pada mata
pelajaran Akidah Akhlak, diketahui dari adanya peningkatan aktivitas belajar siswa
dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan hanya mencapai
rata-rata persentase 54,55%, setelah dilakukan tindakan perbaikan ternyata aktivitas
belajar siswa meningkat yaitu aktivitas belajar siswa pada siklus pertama mencapai
67,73% atau aktivitas belajar siswa masih tergolong “Cukup” karena 67,73% berada
pada rentang 56-75%. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 80,91% atau
aktivitas belajar siswa tergolong “Baik” karena 80,91% berada pada rentang 76-100%.
Artinya keberhasilan siswa telah mencapai indikator keberhasilan yang telah
ditetapkan, yaitu diatas 75%. Besar peningkatan yang diperoleh dari siklus I ke siklus
II adalah 13,18%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan melalui strategi
Leaderless Small Group Discussion dapat meningkatkan aktivitas belajar Bidang
Studi Akidah Akhlak pada materi Akhlak Terpuji siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah
Negeri (MIN) 1 Kota Pekanbaru.</description><date>2011-01-25</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/1768/1/2011_2011634.pdf</identifier><identifier> Nasrun, (2011) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR BIDANG STUDI AKIDAH AKHLAK PADA MATERI AKHLAK TERPUJI MELALUI STRATEGI LEADERLESS SMALL GROUP DISCUSSION SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) 1 KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>1768</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Nasrun, |
title |
PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR BIDANG STUDI AKIDAH AKHLAK
PADA MATERI AKHLAK TERPUJI MELALUI STRATEGI LEADERLESS
SMALL GROUP DISCUSSION SISWA KELAS V
MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) 1
KOTA PEKANBARU |
publishDate |
2011 |
topic |
372.2 Sekolah Dasar SD |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/1768/1/2011_2011634.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/1768/ |
contents |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa pada
mata pelajaran Akidah Akhlak. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah
bagaimanakah penerapan strategi Leaderless Small Group Discussion dalam
meningkatkan aktivitas belajar Bidang Studi Akidah Akhlak Pada materi Akhlak
Terpuji siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Kota Pekanbaru.
Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V tahun pelajaran
2009-2010 dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang. Sedangkan objek dalam
penelitian ini adalah penerapan strategi Leaderless Small Group Discussion untuk
meningkatkan aktivitas belajar Bidang Studi Akidah Akhlak pada materi akhlak
terpuji pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Kota Pekanbaru.
Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang
mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui
dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2)
Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi.
Berhasilnya penerapan strategi Leaderless Small Group Discussion pada mata
pelajaran Akidah Akhlak, diketahui dari adanya peningkatan aktivitas belajar siswa
dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan hanya mencapai
rata-rata persentase 54,55%, setelah dilakukan tindakan perbaikan ternyata aktivitas
belajar siswa meningkat yaitu aktivitas belajar siswa pada siklus pertama mencapai
67,73% atau aktivitas belajar siswa masih tergolong “Cukup” karena 67,73% berada
pada rentang 56-75%. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 80,91% atau
aktivitas belajar siswa tergolong “Baik” karena 80,91% berada pada rentang 76-100%.
Artinya keberhasilan siswa telah mencapai indikator keberhasilan yang telah
ditetapkan, yaitu diatas 75%. Besar peningkatan yang diperoleh dari siklus I ke siklus
II adalah 13,18%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan melalui strategi
Leaderless Small Group Discussion dapat meningkatkan aktivitas belajar Bidang
Studi Akidah Akhlak pada materi Akhlak Terpuji siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah
Negeri (MIN) 1 Kota Pekanbaru. |
id |
IOS7815.1768 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2019-07-31T02:05:19Z |
last_indexed |
2019-07-31T02:05:19Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674821883817623552 |
score |
17.538404 |