PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR BIDANG STUDI AKIDAH AKHLAK PADA MATERI AKHLAK TERPUJI MELALUI STRATEGI LEADERLESS SMALL GROUP DISCUSSION SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) 1 KOTA PEKANBARU

Main Author: Nasrun,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/1768/1/2011_2011634.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/1768/
ctrlnum 1768
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/1768/</relation><title>PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR BIDANG STUDI AKIDAH AKHLAK&#xD; PADA MATERI AKHLAK TERPUJI MELALUI STRATEGI LEADERLESS&#xD; SMALL GROUP DISCUSSION SISWA KELAS V&#xD; MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) 1&#xD; KOTA PEKANBARU</title><creator>Nasrun, </creator><subject>372.2 Sekolah Dasar, SD</subject><description>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa pada&#xD; mata pelajaran Akidah Akhlak. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah&#xD; bagaimanakah penerapan strategi Leaderless Small Group Discussion dalam&#xD; meningkatkan aktivitas belajar Bidang Studi Akidah Akhlak Pada materi Akhlak&#xD; Terpuji siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Kota Pekanbaru.&#xD; Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V tahun pelajaran&#xD; 2009-2010 dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang. Sedangkan objek dalam&#xD; penelitian ini adalah penerapan strategi Leaderless Small Group Discussion untuk&#xD; meningkatkan aktivitas belajar Bidang Studi Akidah Akhlak pada materi akhlak&#xD; terpuji pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Kota Pekanbaru.&#xD; Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang&#xD; mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui&#xD; dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2)&#xD; Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi.&#xD; Berhasilnya penerapan strategi Leaderless Small Group Discussion pada mata&#xD; pelajaran Akidah Akhlak, diketahui dari adanya peningkatan aktivitas belajar siswa&#xD; dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan hanya mencapai&#xD; rata-rata persentase 54,55%, setelah dilakukan tindakan perbaikan ternyata aktivitas&#xD; belajar siswa meningkat yaitu aktivitas belajar siswa pada siklus pertama mencapai&#xD; 67,73% atau aktivitas belajar siswa masih tergolong &#x201C;Cukup&#x201D; karena 67,73% berada&#xD; pada rentang 56-75%. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 80,91% atau&#xD; aktivitas belajar siswa tergolong &#x201C;Baik&#x201D; karena 80,91% berada pada rentang 76-100%.&#xD; Artinya keberhasilan siswa telah mencapai indikator keberhasilan yang telah&#xD; ditetapkan, yaitu diatas 75%. Besar peningkatan yang diperoleh dari siklus I ke siklus&#xD; II adalah 13,18%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan melalui strategi&#xD; Leaderless Small Group Discussion dapat meningkatkan aktivitas belajar Bidang&#xD; Studi Akidah Akhlak pada materi Akhlak Terpuji siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah&#xD; Negeri (MIN) 1 Kota Pekanbaru.</description><date>2011-01-25</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/1768/1/2011_2011634.pdf</identifier><identifier> Nasrun, (2011) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR BIDANG STUDI AKIDAH AKHLAK PADA MATERI AKHLAK TERPUJI MELALUI STRATEGI LEADERLESS SMALL GROUP DISCUSSION SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) 1 KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>1768</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Nasrun,
title PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR BIDANG STUDI AKIDAH AKHLAK PADA MATERI AKHLAK TERPUJI MELALUI STRATEGI LEADERLESS SMALL GROUP DISCUSSION SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) 1 KOTA PEKANBARU
publishDate 2011
topic 372.2 Sekolah Dasar
SD
url http://repository.uin-suska.ac.id/1768/1/2011_2011634.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/1768/
contents Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan strategi Leaderless Small Group Discussion dalam meningkatkan aktivitas belajar Bidang Studi Akidah Akhlak Pada materi Akhlak Terpuji siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Kota Pekanbaru. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V tahun pelajaran 2009-2010 dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi Leaderless Small Group Discussion untuk meningkatkan aktivitas belajar Bidang Studi Akidah Akhlak pada materi akhlak terpuji pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Kota Pekanbaru. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Berhasilnya penerapan strategi Leaderless Small Group Discussion pada mata pelajaran Akidah Akhlak, diketahui dari adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan hanya mencapai rata-rata persentase 54,55%, setelah dilakukan tindakan perbaikan ternyata aktivitas belajar siswa meningkat yaitu aktivitas belajar siswa pada siklus pertama mencapai 67,73% atau aktivitas belajar siswa masih tergolong “Cukup” karena 67,73% berada pada rentang 56-75%. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 80,91% atau aktivitas belajar siswa tergolong “Baik” karena 80,91% berada pada rentang 76-100%. Artinya keberhasilan siswa telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan, yaitu diatas 75%. Besar peningkatan yang diperoleh dari siklus I ke siklus II adalah 13,18%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan melalui strategi Leaderless Small Group Discussion dapat meningkatkan aktivitas belajar Bidang Studi Akidah Akhlak pada materi Akhlak Terpuji siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Kota Pekanbaru.
id IOS7815.1768
institution Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 47
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
library_id 4
collection Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau
repository_id 7815
city KOTA PEKANBARU
province RIAU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7815
first_indexed 2019-07-31T02:05:19Z
last_indexed 2019-07-31T02:05:19Z
recordtype dc
_version_ 1674821883817623552
score 17.538404