PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS SISWA TENTANG BUMI DAN ALAM SEMESTA KELAS III C SD NEGERI 007 BUKIT RAYA PEKANBARU

Main Author: Siti Khoiriah,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/1714/1/2011_2011204.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/1714/
Daftar Isi:
  • Berdasarkan studi pendahuluan penulis di SD Negeri 007 Bukit Raya Pekanbaru, ternyata hasil belajar sains siswa masih rendah. Untuk itu peneliti tertarik untuk mencari solusi sehingga diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar sains siswa. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pembelajaran kooperatif Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar sains siswa kelas IIIc. SD Negeri 007 Bukit Raya Pekanbaru. Dari permasalahan tersebut peneliti menerapkan pembelajaran kooperatif Course Review Horay . Agar hasil belajar sains siswa dapat meningkat . Course Review Horay ini merupakan strategi belajar yang sangat menyenangkan, dan menjadikan suasana belajar meriah dengan langkah-langkah sebagai berikut : Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai, menyajikan materi, Memberikan kesempatan kepada siswa bertanya jawab, siswa disuruh mengisi nomor kotak 5/10/25 sesuai dengan kebutuhan, Siswa menulis jawaban di dalam kotak disesuaikan dengan nomor soal, siswa yang benar harus berteriak horay ... atau yel-yel lainnya ,nilai siswa dihitung dari jawaban benar jumlah horay yang diperoleh , kesimpulan, dan penutup. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 007 Bukit Raya selama 4 kali pertemuan. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan tes, dokumentasi dan Observasi. Analisis data ini menggunakan rumus klasikal. Dari proses analis data dipeoleh hasil belajar dengan menerapkan pembelajaran Course Review Horay. Pertemuan pertama 42.85% dan pertemuan kedua 60.00%, pertemuan ketiga 85.71%, sedangkan pertemuan keempat atau evaluasi yaitu 85.71%. Dari hasil tersebut dapat dilihat peningkatan hasil belajar siswa. Maka peneliti ini dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar siswa.