PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS SISWA TENTANG BUMI DAN ALAM SEMESTA KELAS III C SD NEGERI 007 BUKIT RAYA PEKANBARU
Main Author: | Siti Khoiriah, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/1714/1/2011_2011204.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/1714/ |
ctrlnum |
1714 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/1714/</relation><title>PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF COURSE REVIEW 
HORAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS 
SISWA TENTANG BUMI DAN ALAM SEMESTA 
KELAS III C SD NEGERI 007 BUKIT RAYA 
PEKANBARU</title><creator>Siti Khoiriah, </creator><subject>372.2 Sekolah Dasar, SD</subject><description>Berdasarkan studi pendahuluan penulis di SD Negeri 007 Bukit Raya 
Pekanbaru, ternyata hasil belajar sains siswa masih rendah. Untuk itu peneliti tertarik 
untuk mencari solusi sehingga diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar sains siswa. 
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pembelajaran 
kooperatif Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar sains siswa kelas IIIc. 
SD Negeri 007 Bukit Raya Pekanbaru. 

Dari permasalahan tersebut peneliti menerapkan pembelajaran kooperatif Course 
Review Horay . Agar hasil belajar sains siswa dapat meningkat . Course Review Horay 
ini merupakan strategi belajar yang sangat menyenangkan, dan menjadikan suasana 
belajar meriah dengan langkah-langkah sebagai berikut : Guru menyampaikan 
kompetensi yang ingin dicapai, menyajikan materi, Memberikan kesempatan kepada 
siswa bertanya jawab, siswa disuruh mengisi nomor kotak 5/10/25 sesuai dengan 
kebutuhan, Siswa menulis jawaban di dalam kotak disesuaikan dengan nomor soal, siswa 
yang benar harus berteriak horay … atau yel-yel lainnya ,nilai siswa dihitung dari 
jawaban benar jumlah horay yang diperoleh , kesimpulan, dan penutup. 

Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 007 Bukit Raya selama 4 kali pertemuan. 
Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data pada 
penelitian ini yaitu dengan tes, dokumentasi dan Observasi. 

Analisis data ini menggunakan rumus klasikal. Dari proses analis data dipeoleh 
hasil belajar dengan menerapkan pembelajaran Course Review Horay. Pertemuan 
pertama 42.85% dan pertemuan kedua 60.00%, pertemuan ketiga 85.71%, sedangkan 
pertemuan keempat atau evaluasi yaitu 85.71%. Dari hasil tersebut dapat dilihat 
peningkatan hasil belajar siswa. Maka peneliti ini dapat disimpulkan bahwa dengan 
menerapkan pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar 
siswa.</description><date>2011-01-25</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/1714/1/2011_2011204.pdf</identifier><identifier> Siti Khoiriah, (2011) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS SISWA TENTANG BUMI DAN ALAM SEMESTA KELAS III C SD NEGERI 007 BUKIT RAYA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>1714</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Siti Khoiriah, |
title |
PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF COURSE REVIEW
HORAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS
SISWA TENTANG BUMI DAN ALAM SEMESTA
KELAS III C SD NEGERI 007 BUKIT RAYA
PEKANBARU |
publishDate |
2011 |
topic |
372.2 Sekolah Dasar SD |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/1714/1/2011_2011204.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/1714/ |
contents |
Berdasarkan studi pendahuluan penulis di SD Negeri 007 Bukit Raya
Pekanbaru, ternyata hasil belajar sains siswa masih rendah. Untuk itu peneliti tertarik
untuk mencari solusi sehingga diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar sains siswa.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pembelajaran
kooperatif Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar sains siswa kelas IIIc.
SD Negeri 007 Bukit Raya Pekanbaru.
Dari permasalahan tersebut peneliti menerapkan pembelajaran kooperatif Course
Review Horay . Agar hasil belajar sains siswa dapat meningkat . Course Review Horay
ini merupakan strategi belajar yang sangat menyenangkan, dan menjadikan suasana
belajar meriah dengan langkah-langkah sebagai berikut : Guru menyampaikan
kompetensi yang ingin dicapai, menyajikan materi, Memberikan kesempatan kepada
siswa bertanya jawab, siswa disuruh mengisi nomor kotak 5/10/25 sesuai dengan
kebutuhan, Siswa menulis jawaban di dalam kotak disesuaikan dengan nomor soal, siswa
yang benar harus berteriak horay ... atau yel-yel lainnya ,nilai siswa dihitung dari
jawaban benar jumlah horay yang diperoleh , kesimpulan, dan penutup.
Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 007 Bukit Raya selama 4 kali pertemuan.
Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data pada
penelitian ini yaitu dengan tes, dokumentasi dan Observasi.
Analisis data ini menggunakan rumus klasikal. Dari proses analis data dipeoleh
hasil belajar dengan menerapkan pembelajaran Course Review Horay. Pertemuan
pertama 42.85% dan pertemuan kedua 60.00%, pertemuan ketiga 85.71%, sedangkan
pertemuan keempat atau evaluasi yaitu 85.71%. Dari hasil tersebut dapat dilihat
peningkatan hasil belajar siswa. Maka peneliti ini dapat disimpulkan bahwa dengan
menerapkan pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar
siswa. |
id |
IOS7815.1714 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2019-07-31T02:05:17Z |
last_indexed |
2019-07-31T02:05:17Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674821883395047424 |
score |
17.538404 |