PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS SISWA TENTANG BUMI DAN ALAM SEMESTA KELAS III C SD NEGERI 007 BUKIT RAYA PEKANBARU

Main Author: Siti Khoiriah,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/1714/1/2011_2011204.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/1714/
ctrlnum 1714
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/1714/</relation><title>PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF COURSE REVIEW &#xD; HORAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS &#xD; SISWA TENTANG BUMI DAN ALAM SEMESTA &#xD; KELAS III C SD NEGERI 007 BUKIT RAYA &#xD; PEKANBARU</title><creator>Siti Khoiriah, </creator><subject>372.2 Sekolah Dasar, SD</subject><description>Berdasarkan studi pendahuluan penulis di SD Negeri 007 Bukit Raya &#xD; Pekanbaru, ternyata hasil belajar sains siswa masih rendah. Untuk itu peneliti tertarik &#xD; untuk mencari solusi sehingga diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar sains siswa. &#xD; Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pembelajaran &#xD; kooperatif Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar sains siswa kelas IIIc. &#xD; SD Negeri 007 Bukit Raya Pekanbaru. &#xD; &#xD; Dari permasalahan tersebut peneliti menerapkan pembelajaran kooperatif Course &#xD; Review Horay . Agar hasil belajar sains siswa dapat meningkat . Course Review Horay &#xD; ini merupakan strategi belajar yang sangat menyenangkan, dan menjadikan suasana &#xD; belajar meriah dengan langkah-langkah sebagai berikut : Guru menyampaikan &#xD; kompetensi yang ingin dicapai, menyajikan materi, Memberikan kesempatan kepada &#xD; siswa bertanya jawab, siswa disuruh mengisi nomor kotak 5/10/25 sesuai dengan &#xD; kebutuhan, Siswa menulis jawaban di dalam kotak disesuaikan dengan nomor soal, siswa &#xD; yang benar harus berteriak horay &#x2026; atau yel-yel lainnya ,nilai siswa dihitung dari &#xD; jawaban benar jumlah horay yang diperoleh , kesimpulan, dan penutup. &#xD; &#xD; Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 007 Bukit Raya selama 4 kali pertemuan. &#xD; Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data pada &#xD; penelitian ini yaitu dengan tes, dokumentasi dan Observasi. &#xD; &#xD; Analisis data ini menggunakan rumus klasikal. Dari proses analis data dipeoleh &#xD; hasil belajar dengan menerapkan pembelajaran Course Review Horay. Pertemuan &#xD; pertama 42.85% dan pertemuan kedua 60.00%, pertemuan ketiga 85.71%, sedangkan &#xD; pertemuan keempat atau evaluasi yaitu 85.71%. Dari hasil tersebut dapat dilihat &#xD; peningkatan hasil belajar siswa. Maka peneliti ini dapat disimpulkan bahwa dengan &#xD; menerapkan pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar &#xD; siswa.</description><date>2011-01-25</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/1714/1/2011_2011204.pdf</identifier><identifier> Siti Khoiriah, (2011) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS SISWA TENTANG BUMI DAN ALAM SEMESTA KELAS III C SD NEGERI 007 BUKIT RAYA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>1714</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Siti Khoiriah,
title PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS SISWA TENTANG BUMI DAN ALAM SEMESTA KELAS III C SD NEGERI 007 BUKIT RAYA PEKANBARU
publishDate 2011
topic 372.2 Sekolah Dasar
SD
url http://repository.uin-suska.ac.id/1714/1/2011_2011204.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/1714/
contents Berdasarkan studi pendahuluan penulis di SD Negeri 007 Bukit Raya Pekanbaru, ternyata hasil belajar sains siswa masih rendah. Untuk itu peneliti tertarik untuk mencari solusi sehingga diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar sains siswa. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pembelajaran kooperatif Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar sains siswa kelas IIIc. SD Negeri 007 Bukit Raya Pekanbaru. Dari permasalahan tersebut peneliti menerapkan pembelajaran kooperatif Course Review Horay . Agar hasil belajar sains siswa dapat meningkat . Course Review Horay ini merupakan strategi belajar yang sangat menyenangkan, dan menjadikan suasana belajar meriah dengan langkah-langkah sebagai berikut : Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai, menyajikan materi, Memberikan kesempatan kepada siswa bertanya jawab, siswa disuruh mengisi nomor kotak 5/10/25 sesuai dengan kebutuhan, Siswa menulis jawaban di dalam kotak disesuaikan dengan nomor soal, siswa yang benar harus berteriak horay ... atau yel-yel lainnya ,nilai siswa dihitung dari jawaban benar jumlah horay yang diperoleh , kesimpulan, dan penutup. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 007 Bukit Raya selama 4 kali pertemuan. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan tes, dokumentasi dan Observasi. Analisis data ini menggunakan rumus klasikal. Dari proses analis data dipeoleh hasil belajar dengan menerapkan pembelajaran Course Review Horay. Pertemuan pertama 42.85% dan pertemuan kedua 60.00%, pertemuan ketiga 85.71%, sedangkan pertemuan keempat atau evaluasi yaitu 85.71%. Dari hasil tersebut dapat dilihat peningkatan hasil belajar siswa. Maka peneliti ini dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
id IOS7815.1714
institution Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 47
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
library_id 4
collection Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau
repository_id 7815
city KOTA PEKANBARU
province RIAU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7815
first_indexed 2019-07-31T02:05:17Z
last_indexed 2019-07-31T02:05:17Z
recordtype dc
_version_ 1674821883395047424
score 17.538404