ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MENGGUNAKAN METODE KANO(STUDI KASUS: KANTIN AISYAH FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UIN SUSKA RIAU)
Daftar Isi:
- Untuk dapat bertahan dalam dunia bisnis di area fakultas sains dan teknologi Uin Suska Riau, Kantin Aisyah perlu melakukan perbaikan kualitas pelayanan guna dapat bersaing dengan kompetitor kompetitor yang telah lama ada sebelum adanya kantin Aisyah. Serta dalam satu tahun berdirinya kantin Aisyah, belum pernah dilakukannya pengukuran kualitas pelayanan sehingga perbaikannya kurang efektif. Maka disebar 98 sampel kuesioner penelitian dikantin Aisyah dari populasi mahasiswa fakultas sains dan teknologi Uin Suska Riau yang berjumlah 4361 mahasiswa untuk melihat kualitas pelayanan yang perlu ditingkatkan dan mana kualitas yang perlu dipertahankan. Dari kuesioner tersebut terlihat atribut pelayanan yang diunggulkan dan atribut kelemahan dari kantin Aisyah (Servqual)dan kuesioner tersebut juga didapatkan klasifikasi atribut yang harus diprioritaskan terlebih dahulu untuk ditingkatkan sehingga dapat dilakukan secara bertahap( Metode Kano). Setelah hasil dari identifikasi keunggulan dan kelemahan atribut dan kano tersebut diketahui, maka hasil tersebut diintergrasikan sehingga dapat diketahui bahwa terdapat 14 atribut yang dipertahankan dan 12 atribut yang harus ditingkatkan agar kualitas pelayanan dari kantin Aisyah dapat terjaga dengan baik. Kata kunci: Pelayaan, Kepuasan Konsumen, Kuesioner, Kano, Servqual