KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMEN (TGT) DAN TALKING CHIPS (TC) TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI HIDROKARBON
ctrlnum |
16916 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/16916/</relation><title>KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMEN (TGT) DAN TALKING CHIPS (TC) TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI HIDROKARBON</title><creator>Kiki Nurmahdalena, -</creator><subject>370 Pendidikan</subject><description>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penelitian sebelumnya menyatakan
bahwa model pembelajaran TGT pada materi hidrokarbon dapat memberi
pengaruh hasil belajar siswa sedangankan model pembelajaran TC dapat
meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan kognitif siswa kelas XI MIPA 1(
eksperimen 1) yang menggunakan model pembelajaran Team Games Tournamen
dengan kelas XI MIPA 2 (eksperimen 2) yang menggunakan model pembelajaran
Talking Chip pada pokok bahasan Hidrokarbon. Hasil kemampuan kognitif dapat
diketahui dengan memberikan soal tes. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas
XI MIPA 1 dankelas XI MIPA2 yang sebelumnya telah dilakukan uji
homogenitas. Hasil penelitian mendapatkan rata-rata nilai pretest pada kelas XI
MIPA1 49,82 dan MIPA 2 39,31 kemudian rata rata nilai posttest pada kelas
MIPA 1 84,21 dan kelas MIPA 2 82,74.Selanjutnya data hasil pengamatan dan
penelitian kemampuan kognitif siswa diuji dengan menggunakan rumus t-test
komparasi yang berkorelasi. Hasil perolehan data diperoleh –ttabel ≤ thitung≤ + ttabel
(- 0,037 < 0,05> 0,037), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga terdapat
perbedaan kemampuan kognitif siswa yang signifikan antara variabel model
pembelajaran Team Games Tournamen dan Talking Chip pada pokok bahasan
Hidrokarbon di kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 SMA PGRI Pekanbaru.
Kata Kunci∶ Team Games Tournamen, Talking Chip, Kemampuan Kognitif,
danHidrokarbon.</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16916/1/01.%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16916/2/02.%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16916/3/03.%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16916/4/04.%20PENGHARGAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16916/5/05.%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16916/6/06.%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16916/7/07.%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16916/8/08.%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16916/9/09.%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16916/10/10.%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16916/11/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Kiki Nurmahdalena, - (2019) KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMEN (TGT) DAN TALKING CHIPS (TC) TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI HIDROKARBON. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>16916</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Kiki Nurmahdalena, - |
title |
KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMEN (TGT) DAN TALKING CHIPS (TC) TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI HIDROKARBON |
publishDate |
2019 |
topic |
370 Pendidikan |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/16916/1/01.%20COVER.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/16916/2/02.%20PENGESAHAN.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/16916/3/03.%20ABSTRAK.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/16916/4/04.%20PENGHARGAAN.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/16916/5/05.%20DAFTAR%20ISI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/16916/6/06.%20BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/16916/7/07.%20BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/16916/8/08.%20BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/16916/9/09.%20BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/16916/10/10.%20BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/16916/11/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/16916/ |
contents |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penelitian sebelumnya menyatakan
bahwa model pembelajaran TGT pada materi hidrokarbon dapat memberi
pengaruh hasil belajar siswa sedangankan model pembelajaran TC dapat
meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan kognitif siswa kelas XI MIPA 1(
eksperimen 1) yang menggunakan model pembelajaran Team Games Tournamen
dengan kelas XI MIPA 2 (eksperimen 2) yang menggunakan model pembelajaran
Talking Chip pada pokok bahasan Hidrokarbon. Hasil kemampuan kognitif dapat
diketahui dengan memberikan soal tes. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas
XI MIPA 1 dankelas XI MIPA2 yang sebelumnya telah dilakukan uji
homogenitas. Hasil penelitian mendapatkan rata-rata nilai pretest pada kelas XI
MIPA1 49,82 dan MIPA 2 39,31 kemudian rata rata nilai posttest pada kelas
MIPA 1 84,21 dan kelas MIPA 2 82,74.Selanjutnya data hasil pengamatan dan
penelitian kemampuan kognitif siswa diuji dengan menggunakan rumus t-test
komparasi yang berkorelasi. Hasil perolehan data diperoleh –ttabel ≤ thitung≤ + ttabel
(- 0,037 < 0,05> 0,037), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga terdapat
perbedaan kemampuan kognitif siswa yang signifikan antara variabel model
pembelajaran Team Games Tournamen dan Talking Chip pada pokok bahasan
Hidrokarbon di kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 SMA PGRI Pekanbaru.
Kata Kunci∶ Team Games Tournamen, Talking Chip, Kemampuan Kognitif,
danHidrokarbon. |
id |
IOS7815.16916 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2019-07-31T02:13:22Z |
last_indexed |
2019-08-22T12:18:01Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674822019448832000 |
score |
17.538404 |