Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1)penerimaan diri siswa di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru, (2)penerapan konseling kelompok pendekatan Rational emotive behaviour therapy teknik kognitif di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru, dan (3) efektivitas konseling kelompok pendekatan rational emotive behaviour therapy teknik kognitif untuk meningkatkan penerimaan diri siswa di Madrasah Darul Hikmah Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis pre experimen desing dengan desain one-group pretest-posttest. Sabjek dalam penelitian ini adalah siswa dan objek dalam penelitian ini adalah efektivitas konseling kelompok dengan pendekatan rational emotive behaviour therapy teknik kognitif untuk meningkatkan penerimaan diri siswa. Jumlah populasi pada penelitian ini sebanyak 27 siswa, sedangkan sampelnya sebanyak 9 orang siswa yang diambil perdasarkan teknik purpose sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner. Adapun untuk menganalisis data, penulis menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerimaan diri siswa sebelum diberikan konseling kelompok rational emotive behaviour therapy teknik kognitif berada dikategori rendah dengan rata-rata 47, dan setelah diberikan konseling kelompok pendekatan rational emotive behaviour therapy teknik kognitif siswa mengalami peningkatan menjadi kategori sanggat tinggi dengan rata-rata 89, maka dapat diketahui adanya perbedaan antara pre-test dan pos-test. Jadi dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok pendekatan rational emotive behaviour therapy teknik kognitif efektif untuk meningkatkan penerimaan diri siswa yang dilihat dari angka probabilitas Sig. (2-tailed)sebesar 0,008 < 0,05 sehingga hipotesis alternatif diterima. Kata Kunci: Efektivitas, Konseling Kelompok Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy Teknik Kognitif, Penerimaan Diri Siswa