ctrlnum 16914
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/16914/</relation><title>EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOUR THERAPY TEKNIK KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN PENERIMAAN DIRI SISWA DI MADRASAH ALIYAH DARUL HIKMAH PEKANBARU</title><creator>Irmanasesa, -</creator><subject>370 Pendidikan</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: &#xD; (1)penerimaan diri siswa di Madrasah&#xD; Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru,&#xD; (2)penerapan konseling kelompok pendekatan&#xD; Rational emotive behaviour therapy teknik kognitif di Madrasah Aliyah Darul&#xD; Hikmah Pekanbaru, dan &#xD; (3) efektivitas konseling kelompok pendekatan rational&#xD; emotive behaviour therapy teknik kognitif untuk meningkatkan penerimaan diri&#xD; siswa di Madrasah Darul Hikmah Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan&#xD; pendekatan kuantitatif jenis pre experimen desing dengan desain one-group&#xD; pretest-posttest. Sabjek dalam penelitian ini adalah siswa dan objek dalam&#xD; penelitian ini adalah efektivitas konseling kelompok dengan pendekatan rational&#xD; emotive behaviour therapy teknik kognitif untuk meningkatkan penerimaan diri&#xD; siswa. Jumlah populasi pada penelitian ini sebanyak 27 siswa, sedangkan&#xD; sampelnya sebanyak 9 orang siswa yang diambil perdasarkan teknik purpose&#xD; sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner. Adapun untuk&#xD; menganalisis data, penulis menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian ini&#xD; menunjukkan bahwa penerimaan diri siswa sebelum diberikan konseling&#xD; kelompok rational emotive behaviour therapy teknik kognitif berada dikategori&#xD; rendah dengan rata-rata 47, dan setelah diberikan konseling kelompok pendekatan&#xD; rational emotive behaviour therapy teknik kognitif siswa mengalami peningkatan&#xD; menjadi kategori sanggat tinggi dengan rata-rata 89, maka dapat diketahui adanya&#xD; perbedaan antara pre-test dan pos-test. Jadi dapat disimpulkan bahwa konseling&#xD; kelompok pendekatan rational emotive behaviour therapy teknik kognitif efektif&#xD; untuk meningkatkan penerimaan diri siswa yang dilihat dari angka probabilitas&#xD; Sig. (2-tailed)sebesar 0,008 &lt; 0,05 sehingga hipotesis alternatif diterima.&#xD; Kata Kunci: Efektivitas, Konseling Kelompok Pendekatan Rational Emotive&#xD; Behavior Therapy Teknik Kognitif, Penerimaan Diri Siswa</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16914/1/01.%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16914/2/02.%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16914/3/03.%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16914/4/04.%20PENGHARGAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16914/5/05.%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16914/6/06.%20BAB%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16914/7/07.%20BAB%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16914/8/08.%20BAB%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16914/9/09.%20BAB%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16914/10/10.%20BAB%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16914/11/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Irmanasesa, - (2019) EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOUR THERAPY TEKNIK KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN PENERIMAAN DIRI SISWA DI MADRASAH ALIYAH DARUL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>16914</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Irmanasesa, -
title EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOUR THERAPY TEKNIK KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN PENERIMAAN DIRI SISWA DI MADRASAH ALIYAH DARUL HIKMAH PEKANBARU
publishDate 2019
topic 370 Pendidikan
url http://repository.uin-suska.ac.id/16914/1/01.%20COVER.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/16914/2/02.%20PENGESAHAN.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/16914/3/03.%20ABSTRAK.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/16914/4/04.%20PENGHARGAAN.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/16914/5/05.%20DAFTAR%20ISI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/16914/6/06.%20BAB%201.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/16914/7/07.%20BAB%202.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/16914/8/08.%20BAB%203.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/16914/9/09.%20BAB%204.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/16914/10/10.%20BAB%205.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/16914/11/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/16914/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1)penerimaan diri siswa di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru, (2)penerapan konseling kelompok pendekatan Rational emotive behaviour therapy teknik kognitif di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru, dan (3) efektivitas konseling kelompok pendekatan rational emotive behaviour therapy teknik kognitif untuk meningkatkan penerimaan diri siswa di Madrasah Darul Hikmah Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis pre experimen desing dengan desain one-group pretest-posttest. Sabjek dalam penelitian ini adalah siswa dan objek dalam penelitian ini adalah efektivitas konseling kelompok dengan pendekatan rational emotive behaviour therapy teknik kognitif untuk meningkatkan penerimaan diri siswa. Jumlah populasi pada penelitian ini sebanyak 27 siswa, sedangkan sampelnya sebanyak 9 orang siswa yang diambil perdasarkan teknik purpose sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner. Adapun untuk menganalisis data, penulis menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerimaan diri siswa sebelum diberikan konseling kelompok rational emotive behaviour therapy teknik kognitif berada dikategori rendah dengan rata-rata 47, dan setelah diberikan konseling kelompok pendekatan rational emotive behaviour therapy teknik kognitif siswa mengalami peningkatan menjadi kategori sanggat tinggi dengan rata-rata 89, maka dapat diketahui adanya perbedaan antara pre-test dan pos-test. Jadi dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok pendekatan rational emotive behaviour therapy teknik kognitif efektif untuk meningkatkan penerimaan diri siswa yang dilihat dari angka probabilitas Sig. (2-tailed)sebesar 0,008 < 0,05 sehingga hipotesis alternatif diterima. Kata Kunci: Efektivitas, Konseling Kelompok Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy Teknik Kognitif, Penerimaan Diri Siswa
id IOS7815.16914
institution Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 47
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
library_id 4
collection Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau
repository_id 7815
city KOTA PEKANBARU
province RIAU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7815
first_indexed 2019-07-31T02:13:22Z
last_indexed 2019-08-22T12:18:01Z
recordtype dc
_version_ 1674822019440443392
score 17.538404