EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOUR THERAPY TEKNIK KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN PENERIMAAN DIRI SISWA DI MADRASAH ALIYAH DARUL HIKMAH PEKANBARU
ctrlnum |
16914 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/16914/</relation><title>EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOUR THERAPY TEKNIK KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN PENERIMAAN DIRI SISWA DI MADRASAH ALIYAH DARUL HIKMAH PEKANBARU</title><creator>Irmanasesa, -</creator><subject>370 Pendidikan</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 
(1)penerimaan diri siswa di Madrasah
Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru,
(2)penerapan konseling kelompok pendekatan
Rational emotive behaviour therapy teknik kognitif di Madrasah Aliyah Darul
Hikmah Pekanbaru, dan 
(3) efektivitas konseling kelompok pendekatan rational
emotive behaviour therapy teknik kognitif untuk meningkatkan penerimaan diri
siswa di Madrasah Darul Hikmah Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif jenis pre experimen desing dengan desain one-group
pretest-posttest. Sabjek dalam penelitian ini adalah siswa dan objek dalam
penelitian ini adalah efektivitas konseling kelompok dengan pendekatan rational
emotive behaviour therapy teknik kognitif untuk meningkatkan penerimaan diri
siswa. Jumlah populasi pada penelitian ini sebanyak 27 siswa, sedangkan
sampelnya sebanyak 9 orang siswa yang diambil perdasarkan teknik purpose
sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner. Adapun untuk
menganalisis data, penulis menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa penerimaan diri siswa sebelum diberikan konseling
kelompok rational emotive behaviour therapy teknik kognitif berada dikategori
rendah dengan rata-rata 47, dan setelah diberikan konseling kelompok pendekatan
rational emotive behaviour therapy teknik kognitif siswa mengalami peningkatan
menjadi kategori sanggat tinggi dengan rata-rata 89, maka dapat diketahui adanya
perbedaan antara pre-test dan pos-test. Jadi dapat disimpulkan bahwa konseling
kelompok pendekatan rational emotive behaviour therapy teknik kognitif efektif
untuk meningkatkan penerimaan diri siswa yang dilihat dari angka probabilitas
Sig. (2-tailed)sebesar 0,008 < 0,05 sehingga hipotesis alternatif diterima.
Kata Kunci: Efektivitas, Konseling Kelompok Pendekatan Rational Emotive
Behavior Therapy Teknik Kognitif, Penerimaan Diri Siswa</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16914/1/01.%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16914/2/02.%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16914/3/03.%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16914/4/04.%20PENGHARGAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16914/5/05.%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16914/6/06.%20BAB%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16914/7/07.%20BAB%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16914/8/08.%20BAB%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16914/9/09.%20BAB%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16914/10/10.%20BAB%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16914/11/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Irmanasesa, - (2019) EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOUR THERAPY TEKNIK KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN PENERIMAAN DIRI SISWA DI MADRASAH ALIYAH DARUL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>16914</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Irmanasesa, - |
title |
EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOUR THERAPY TEKNIK KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN PENERIMAAN DIRI SISWA DI MADRASAH ALIYAH DARUL HIKMAH PEKANBARU |
publishDate |
2019 |
topic |
370 Pendidikan |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/16914/1/01.%20COVER.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/16914/2/02.%20PENGESAHAN.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/16914/3/03.%20ABSTRAK.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/16914/4/04.%20PENGHARGAAN.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/16914/5/05.%20DAFTAR%20ISI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/16914/6/06.%20BAB%201.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/16914/7/07.%20BAB%202.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/16914/8/08.%20BAB%203.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/16914/9/09.%20BAB%204.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/16914/10/10.%20BAB%205.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/16914/11/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/16914/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:
(1)penerimaan diri siswa di Madrasah
Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru,
(2)penerapan konseling kelompok pendekatan
Rational emotive behaviour therapy teknik kognitif di Madrasah Aliyah Darul
Hikmah Pekanbaru, dan
(3) efektivitas konseling kelompok pendekatan rational
emotive behaviour therapy teknik kognitif untuk meningkatkan penerimaan diri
siswa di Madrasah Darul Hikmah Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif jenis pre experimen desing dengan desain one-group
pretest-posttest. Sabjek dalam penelitian ini adalah siswa dan objek dalam
penelitian ini adalah efektivitas konseling kelompok dengan pendekatan rational
emotive behaviour therapy teknik kognitif untuk meningkatkan penerimaan diri
siswa. Jumlah populasi pada penelitian ini sebanyak 27 siswa, sedangkan
sampelnya sebanyak 9 orang siswa yang diambil perdasarkan teknik purpose
sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner. Adapun untuk
menganalisis data, penulis menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa penerimaan diri siswa sebelum diberikan konseling
kelompok rational emotive behaviour therapy teknik kognitif berada dikategori
rendah dengan rata-rata 47, dan setelah diberikan konseling kelompok pendekatan
rational emotive behaviour therapy teknik kognitif siswa mengalami peningkatan
menjadi kategori sanggat tinggi dengan rata-rata 89, maka dapat diketahui adanya
perbedaan antara pre-test dan pos-test. Jadi dapat disimpulkan bahwa konseling
kelompok pendekatan rational emotive behaviour therapy teknik kognitif efektif
untuk meningkatkan penerimaan diri siswa yang dilihat dari angka probabilitas
Sig. (2-tailed)sebesar 0,008 < 0,05 sehingga hipotesis alternatif diterima.
Kata Kunci: Efektivitas, Konseling Kelompok Pendekatan Rational Emotive
Behavior Therapy Teknik Kognitif, Penerimaan Diri Siswa |
id |
IOS7815.16914 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2019-07-31T02:13:22Z |
last_indexed |
2019-08-22T12:18:01Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674822019440443392 |
score |
17.538404 |