Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial melalui penerapan strategi pembelajaran Rotating Trio Exchanges di kelas V Sekolah Dasar Negeri 005 Epat Balai Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang tidak mencapai KKM yang telah ditetapkan oleh sekolah yaitu 65. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, Subjek dalam peneltian ini adalah 1 orang guru dan 30 orang siswa. Sedangkan objek adalah Penerapan Strategi Pembelajaran Rotating Trio Exchanges. dan hasil belajar.Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan, teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes tertulis dan dokumentasi.Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuntitatif dengan persentase. berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Rotating Trio Exchangesdapat meningkatkan hasil belajar siswa. hal ini dapat diketahui sebelum tindakan diperoleh rata-rata hasil belajar siswa hanya mencapai 57 dengan ketuntaan klasikal 40% tergolong “Kurang” setelah dilakukan tindakan pada siklus I hasil belajar siswa meningkat yaitu dengan rata-rata 65 dengan ketuntasan klasikal 60% tergolong “Cukup” Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat lebih signifikan dengan rata-rata 73,16 dengan ketuntaan klasikal 80% tergolong “ Baik” dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaranan Rotating Trio Exchanges dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosail di kelas V Sekolah Dasar Negeri 005 Empat Balai Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Rotatig Trio Exchanges, Hasil Belajar