ctrlnum 16904
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/16904/</relation><title>PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 005 EMPAT BALAI KECAMATAN KUOK KABUPATEN KAMPAR</title><creator>Elvi Unniyah, -</creator><subject>370 Pendidikan</subject><description>Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata&#xD; pelajaran ilmu pengetahuan sosial melalui penerapan strategi pembelajaran&#xD; Rotating Trio Exchanges di kelas V Sekolah Dasar Negeri 005 Epat Balai&#xD; Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh&#xD; rendahnya hasil belajar siswa yang tidak mencapai KKM yang telah ditetapkan&#xD; oleh sekolah yaitu 65. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, Subjek&#xD; dalam peneltian ini adalah 1 orang guru dan 30 orang siswa. Sedangkan objek&#xD; adalah Penerapan Strategi Pembelajaran Rotating Trio Exchanges. dan hasil&#xD; belajar.Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua&#xD; kali pertemuan, teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi,&#xD; tes tertulis dan dokumentasi.Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu&#xD; analisis data kuntitatif dengan persentase. berdasarkan analisis data menunjukkan&#xD; bahwa penerapan strategi pembelajaran Rotating Trio Exchangesdapat &#xD; meningkatkan hasil belajar siswa. hal ini dapat diketahui sebelum tindakan&#xD; diperoleh rata-rata hasil belajar siswa hanya mencapai 57 dengan ketuntaan&#xD; klasikal 40% tergolong &#x201C;Kurang&#x201D; setelah dilakukan tindakan pada siklus I hasil&#xD; belajar siswa meningkat yaitu dengan rata-rata 65 dengan ketuntasan klasikal 60%&#xD; tergolong &#x201C;Cukup&#x201D; Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat lebih signifikan&#xD; dengan rata-rata 73,16 dengan ketuntaan klasikal 80% tergolong &#x201C; Baik&#x201D; dengan&#xD; demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaranan Rotating&#xD; Trio Exchanges dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu&#xD; Pengetahuan Sosail di kelas V Sekolah Dasar Negeri 005 Empat Balai Kecamatan&#xD; Kuok Kabupaten Kampar.&#xD; &#xD; &#xD; Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Rotatig Trio Exchanges, Hasil Belajar</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16904/1/01.%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16904/2/02.%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16904/3/03.%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16904/4/04.%20PENGHARGAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16904/5/05.%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16904/6/06.%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16904/7/07.%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16904/8/08.%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16904/9/09.%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16904/10/10.%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16904/11/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Elvi Unniyah, - (2019) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 005 EMPAT BALAI KECAMATAN KUOK KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>16904</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Elvi Unniyah, -
title PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 005 EMPAT BALAI KECAMATAN KUOK KABUPATEN KAMPAR
publishDate 2019
topic 370 Pendidikan
url http://repository.uin-suska.ac.id/16904/1/01.%20COVER.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/16904/2/02.%20PENGESAHAN.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/16904/3/03.%20ABSTRAK.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/16904/4/04.%20PENGHARGAAN.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/16904/5/05.%20DAFTAR%20ISI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/16904/6/06.%20BAB%20I.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/16904/7/07.%20BAB%20II.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/16904/8/08.%20BAB%20III.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/16904/9/09.%20BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/16904/10/10.%20BAB%20V.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/16904/11/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/16904/
contents Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial melalui penerapan strategi pembelajaran Rotating Trio Exchanges di kelas V Sekolah Dasar Negeri 005 Epat Balai Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang tidak mencapai KKM yang telah ditetapkan oleh sekolah yaitu 65. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, Subjek dalam peneltian ini adalah 1 orang guru dan 30 orang siswa. Sedangkan objek adalah Penerapan Strategi Pembelajaran Rotating Trio Exchanges. dan hasil belajar.Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan, teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes tertulis dan dokumentasi.Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuntitatif dengan persentase. berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Rotating Trio Exchangesdapat meningkatkan hasil belajar siswa. hal ini dapat diketahui sebelum tindakan diperoleh rata-rata hasil belajar siswa hanya mencapai 57 dengan ketuntaan klasikal 40% tergolong “Kurang” setelah dilakukan tindakan pada siklus I hasil belajar siswa meningkat yaitu dengan rata-rata 65 dengan ketuntasan klasikal 60% tergolong “Cukup” Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat lebih signifikan dengan rata-rata 73,16 dengan ketuntaan klasikal 80% tergolong “ Baik” dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaranan Rotating Trio Exchanges dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosail di kelas V Sekolah Dasar Negeri 005 Empat Balai Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Rotatig Trio Exchanges, Hasil Belajar
id IOS7815.16904
institution Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 47
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
library_id 4
collection Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau
repository_id 7815
city KOTA PEKANBARU
province RIAU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7815
first_indexed 2019-07-31T02:13:20Z
last_indexed 2019-07-31T02:13:20Z
recordtype dc
_version_ 1674822019399548928
score 17.538404