PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 005 EMPAT BALAI KECAMATAN KUOK KABUPATEN KAMPAR
ctrlnum |
16904 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/16904/</relation><title>PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 005 EMPAT BALAI KECAMATAN KUOK KABUPATEN KAMPAR</title><creator>Elvi Unniyah, -</creator><subject>370 Pendidikan</subject><description>Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran ilmu pengetahuan sosial melalui penerapan strategi pembelajaran
Rotating Trio Exchanges di kelas V Sekolah Dasar Negeri 005 Epat Balai
Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh
rendahnya hasil belajar siswa yang tidak mencapai KKM yang telah ditetapkan
oleh sekolah yaitu 65. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, Subjek
dalam peneltian ini adalah 1 orang guru dan 30 orang siswa. Sedangkan objek
adalah Penerapan Strategi Pembelajaran Rotating Trio Exchanges. dan hasil
belajar.Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua
kali pertemuan, teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi,
tes tertulis dan dokumentasi.Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu
analisis data kuntitatif dengan persentase. berdasarkan analisis data menunjukkan
bahwa penerapan strategi pembelajaran Rotating Trio Exchangesdapat 
meningkatkan hasil belajar siswa. hal ini dapat diketahui sebelum tindakan
diperoleh rata-rata hasil belajar siswa hanya mencapai 57 dengan ketuntaan
klasikal 40% tergolong “Kurang” setelah dilakukan tindakan pada siklus I hasil
belajar siswa meningkat yaitu dengan rata-rata 65 dengan ketuntasan klasikal 60%
tergolong “Cukup” Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat lebih signifikan
dengan rata-rata 73,16 dengan ketuntaan klasikal 80% tergolong “ Baik” dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaranan Rotating
Trio Exchanges dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu
Pengetahuan Sosail di kelas V Sekolah Dasar Negeri 005 Empat Balai Kecamatan
Kuok Kabupaten Kampar.


Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Rotatig Trio Exchanges, Hasil Belajar</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16904/1/01.%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16904/2/02.%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16904/3/03.%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16904/4/04.%20PENGHARGAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16904/5/05.%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16904/6/06.%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16904/7/07.%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16904/8/08.%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16904/9/09.%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16904/10/10.%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16904/11/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Elvi Unniyah, - (2019) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 005 EMPAT BALAI KECAMATAN KUOK KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>16904</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Elvi Unniyah, - |
title |
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 005 EMPAT BALAI KECAMATAN KUOK KABUPATEN KAMPAR |
publishDate |
2019 |
topic |
370 Pendidikan |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/16904/1/01.%20COVER.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/16904/2/02.%20PENGESAHAN.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/16904/3/03.%20ABSTRAK.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/16904/4/04.%20PENGHARGAAN.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/16904/5/05.%20DAFTAR%20ISI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/16904/6/06.%20BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/16904/7/07.%20BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/16904/8/08.%20BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/16904/9/09.%20BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/16904/10/10.%20BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/16904/11/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/16904/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran ilmu pengetahuan sosial melalui penerapan strategi pembelajaran
Rotating Trio Exchanges di kelas V Sekolah Dasar Negeri 005 Epat Balai
Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh
rendahnya hasil belajar siswa yang tidak mencapai KKM yang telah ditetapkan
oleh sekolah yaitu 65. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, Subjek
dalam peneltian ini adalah 1 orang guru dan 30 orang siswa. Sedangkan objek
adalah Penerapan Strategi Pembelajaran Rotating Trio Exchanges. dan hasil
belajar.Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua
kali pertemuan, teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi,
tes tertulis dan dokumentasi.Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu
analisis data kuntitatif dengan persentase. berdasarkan analisis data menunjukkan
bahwa penerapan strategi pembelajaran Rotating Trio Exchangesdapat
meningkatkan hasil belajar siswa. hal ini dapat diketahui sebelum tindakan
diperoleh rata-rata hasil belajar siswa hanya mencapai 57 dengan ketuntaan
klasikal 40% tergolong “Kurang” setelah dilakukan tindakan pada siklus I hasil
belajar siswa meningkat yaitu dengan rata-rata 65 dengan ketuntasan klasikal 60%
tergolong “Cukup” Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat lebih signifikan
dengan rata-rata 73,16 dengan ketuntaan klasikal 80% tergolong “ Baik” dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaranan Rotating
Trio Exchanges dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu
Pengetahuan Sosail di kelas V Sekolah Dasar Negeri 005 Empat Balai Kecamatan
Kuok Kabupaten Kampar.
Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Rotatig Trio Exchanges, Hasil Belajar |
id |
IOS7815.16904 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2019-07-31T02:13:20Z |
last_indexed |
2019-07-31T02:13:20Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674822019399548928 |
score |
17.538404 |