PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE (TTW) PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN 027 PULAU PAYUNG KECAMATAN RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Mursida,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/1473/1/2010_2011108.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/1473/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini disebabkan hanya 7 orang dari 22 siswa yang mampu memahami teks bacaan dalam sebuah cerita, selanjutnya sulitnya siswa menemukan kalimat yang penting dalam sebuah cerita, hal ini terlihat apabila diberikan tugas ulangan harian, kebanyakan siswa sulit untuk menjawabnya. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui strategi pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 027 Pulau Payung Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Berhasilnya penerapan strategi pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, diketahui dari adanya peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia hanya mencapai persentase 59% dengan kategori “Sedang”, karena 59% berada pada rentang 55% - 69%. Pada siklus I kemampuan membaca pemahaman siswa tergolong “Sedang”, karena 67% berada pada rentang 55%-69%. Setelah diperbaiki pada siklus II kemampuan membaca pemahaman siswa meningkat menjadi 75% dengan ketegori “Baik”, karena sebagian siswa berada pada rentang 70%-79%. Artinya kemampuan siswa kelas V SDN 027 Pulau Payung Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar Dalam membaca pemahaman telah mencapai 75%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan melalui strategi pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 027 Pulau Payung Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar.