PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE (TTW) PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN 027 PULAU PAYUNG KECAMATAN RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR
Main Author: | Mursida, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/1473/1/2010_2011108.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/1473/ |
ctrlnum |
1473 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/1473/</relation><title>PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI 
STRATEGI PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE (TTW) PADA 
PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN 027 
PULAU PAYUNG KECAMATAN RUMBIO JAYA 
KABUPATEN KAMPAR</title><creator>Mursida, </creator><subject>372.2 Sekolah Dasar, SD</subject><description>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca 
pemahaman siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini disebabkan hanya 7 
orang dari 22 siswa yang mampu memahami teks bacaan dalam sebuah cerita, 
selanjutnya sulitnya siswa menemukan kalimat yang penting dalam sebuah cerita, hal 
ini terlihat apabila diberikan tugas ulangan harian, kebanyakan siswa sulit untuk 
menjawabnya. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui strategi 
pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dapat meningkatkan kemampuan membaca 
pemahaman pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 027 Pulau 
Payung Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar. 
Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang 
mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui 
dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) 
Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. 
Berhasilnya penerapan strategi pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) pada 
mata pelajaran Bahasa Indonesia, diketahui dari adanya peningkatan kemampuan 
membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dari sebelum 
tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan kemampuan membaca 
pemahaman siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia hanya mencapai persentase 
59% dengan kategori “Sedang”, karena 59% berada pada rentang 55% - 69%. Pada 
siklus I kemampuan membaca pemahaman siswa tergolong “Sedang”, karena 67% 
berada pada rentang 55%-69%. Setelah diperbaiki pada siklus II kemampuan 
membaca pemahaman siswa meningkat menjadi 75% dengan ketegori “Baik”, karena 
sebagian siswa berada pada rentang 70%-79%. Artinya kemampuan siswa kelas V 
SDN 027 Pulau Payung Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar Dalam 
membaca pemahaman telah mencapai 75%. Dengan demikian dapat diambil 
kesimpulan melalui strategi pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dapat 
meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada pelajaran Bahasa Indonesia 
Siswa Kelas V SDN 027 Pulau Payung Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar.</description><date>2010-01-22</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/1473/1/2010_2011108.pdf</identifier><identifier> Mursida, (2010) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE (TTW) PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN 027 PULAU PAYUNG KECAMATAN RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>1473</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Mursida, |
title |
PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI
STRATEGI PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE (TTW) PADA
PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN 027
PULAU PAYUNG KECAMATAN RUMBIO JAYA
KABUPATEN KAMPAR |
publishDate |
2010 |
topic |
372.2 Sekolah Dasar SD |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/1473/1/2010_2011108.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/1473/ |
contents |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca
pemahaman siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini disebabkan hanya 7
orang dari 22 siswa yang mampu memahami teks bacaan dalam sebuah cerita,
selanjutnya sulitnya siswa menemukan kalimat yang penting dalam sebuah cerita, hal
ini terlihat apabila diberikan tugas ulangan harian, kebanyakan siswa sulit untuk
menjawabnya. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui strategi
pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dapat meningkatkan kemampuan membaca
pemahaman pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 027 Pulau
Payung Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar.
Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang
mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui
dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2)
Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi.
Berhasilnya penerapan strategi pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) pada
mata pelajaran Bahasa Indonesia, diketahui dari adanya peningkatan kemampuan
membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dari sebelum
tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan kemampuan membaca
pemahaman siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia hanya mencapai persentase
59% dengan kategori “Sedang”, karena 59% berada pada rentang 55% - 69%. Pada
siklus I kemampuan membaca pemahaman siswa tergolong “Sedang”, karena 67%
berada pada rentang 55%-69%. Setelah diperbaiki pada siklus II kemampuan
membaca pemahaman siswa meningkat menjadi 75% dengan ketegori “Baik”, karena
sebagian siswa berada pada rentang 70%-79%. Artinya kemampuan siswa kelas V
SDN 027 Pulau Payung Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar Dalam
membaca pemahaman telah mencapai 75%. Dengan demikian dapat diambil
kesimpulan melalui strategi pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dapat
meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada pelajaran Bahasa Indonesia
Siswa Kelas V SDN 027 Pulau Payung Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar. |
id |
IOS7815.1473 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2019-07-31T02:05:12Z |
last_indexed |
2019-07-31T02:05:12Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674821882047627264 |
score |
17.538404 |