PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE (TTW) PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN 027 PULAU PAYUNG KECAMATAN RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Mursida,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/1473/1/2010_2011108.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/1473/
ctrlnum 1473
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/1473/</relation><title>PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI &#xD; STRATEGI PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE (TTW) PADA &#xD; PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN 027 &#xD; PULAU PAYUNG KECAMATAN RUMBIO JAYA &#xD; KABUPATEN KAMPAR</title><creator>Mursida, </creator><subject>372.2 Sekolah Dasar, SD</subject><description>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca &#xD; pemahaman siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini disebabkan hanya 7 &#xD; orang dari 22 siswa yang mampu memahami teks bacaan dalam sebuah cerita, &#xD; selanjutnya sulitnya siswa menemukan kalimat yang penting dalam sebuah cerita, hal &#xD; ini terlihat apabila diberikan tugas ulangan harian, kebanyakan siswa sulit untuk &#xD; menjawabnya. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui strategi &#xD; pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dapat meningkatkan kemampuan membaca &#xD; pemahaman pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 027 Pulau &#xD; Payung Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar. &#xD; Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang &#xD; mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui &#xD; dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) &#xD; Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. &#xD; Berhasilnya penerapan strategi pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) pada &#xD; mata pelajaran Bahasa Indonesia, diketahui dari adanya peningkatan kemampuan &#xD; membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dari sebelum &#xD; tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan kemampuan membaca &#xD; pemahaman siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia hanya mencapai persentase &#xD; 59% dengan kategori &#x201C;Sedang&#x201D;, karena 59% berada pada rentang 55% - 69%. Pada &#xD; siklus I kemampuan membaca pemahaman siswa tergolong &#x201C;Sedang&#x201D;, karena 67% &#xD; berada pada rentang 55%-69%. Setelah diperbaiki pada siklus II kemampuan &#xD; membaca pemahaman siswa meningkat menjadi 75% dengan ketegori &#x201C;Baik&#x201D;, karena &#xD; sebagian siswa berada pada rentang 70%-79%. Artinya kemampuan siswa kelas V &#xD; SDN 027 Pulau Payung Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar Dalam &#xD; membaca pemahaman telah mencapai 75%. Dengan demikian dapat diambil &#xD; kesimpulan melalui strategi pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dapat &#xD; meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada pelajaran Bahasa Indonesia &#xD; Siswa Kelas V SDN 027 Pulau Payung Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar.</description><date>2010-01-22</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/1473/1/2010_2011108.pdf</identifier><identifier> Mursida, (2010) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE (TTW) PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN 027 PULAU PAYUNG KECAMATAN RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>1473</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Mursida,
title PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE (TTW) PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN 027 PULAU PAYUNG KECAMATAN RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR
publishDate 2010
topic 372.2 Sekolah Dasar
SD
url http://repository.uin-suska.ac.id/1473/1/2010_2011108.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/1473/
contents Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini disebabkan hanya 7 orang dari 22 siswa yang mampu memahami teks bacaan dalam sebuah cerita, selanjutnya sulitnya siswa menemukan kalimat yang penting dalam sebuah cerita, hal ini terlihat apabila diberikan tugas ulangan harian, kebanyakan siswa sulit untuk menjawabnya. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui strategi pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 027 Pulau Payung Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Berhasilnya penerapan strategi pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, diketahui dari adanya peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia hanya mencapai persentase 59% dengan kategori “Sedang”, karena 59% berada pada rentang 55% - 69%. Pada siklus I kemampuan membaca pemahaman siswa tergolong “Sedang”, karena 67% berada pada rentang 55%-69%. Setelah diperbaiki pada siklus II kemampuan membaca pemahaman siswa meningkat menjadi 75% dengan ketegori “Baik”, karena sebagian siswa berada pada rentang 70%-79%. Artinya kemampuan siswa kelas V SDN 027 Pulau Payung Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar Dalam membaca pemahaman telah mencapai 75%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan melalui strategi pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 027 Pulau Payung Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar.
id IOS7815.1473
institution Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 47
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
library_id 4
collection Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau
repository_id 7815
city KOTA PEKANBARU
province RIAU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7815
first_indexed 2019-07-31T02:05:12Z
last_indexed 2019-07-31T02:05:12Z
recordtype dc
_version_ 1674821882047627264
score 17.538404