Daftar Isi:
  • Berdasarkan studi pendahuluan, penulis menemukan gejala Guru melaksanakan tes sebelum dan sesudah pembelajaran. Guru melaksanakan pembelajaran tanpa menjelaskan tujuan pembelajaran. Guru hanya menggunakan metode pembelajaran yang monoton seperti ceramah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pelaksanaan tes formatif terhadap aktivitas pembelajaran siswa di Madrasah Aliyah Ihwatun Hasanah Bangko Sempurna Kecamatan Bangko Pusako pada mata pelajaran fikih. Penelitian ini dilaksanakan mulai dari tanggal 3 Juni 2018 sampai 4 Juni 2018 dan bertempat di Madrasah Aliyah Ihwatun Hasanah jln Pelajar Km 18 Desa Bangko Sempurna Kecamatan Bangko Pusako Kabupaten Rokan Hilir. Alasan dilaksanakan penelitian di Madrasah Aliyah Ihwatun Hasanah karena permasalahan yang sedang diteliti berada pada madrasah tersebut. Dalam hal ini melibatkan seluruh populasi yang berjumlah 54 orang. Berdasarkan analisis data sebagaimana dipaparkan pada bab IV maka dapat diambil kesimpulan yaitu ada pengaruh yang signifikan pelaksanaan tes formatif terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Ihwatun Hasanah Desa Bangko Sempurna Kecamatan Bangko Pusako Kabupaten Rokan Hilir, karena nilai korelasi (0.405) lebih besar dari nilai taraf kesalahan 5% (0.273) dan 1% (0.354). Kata kunci: Tes Formatif, Aktivitas Belajar Fiqih.