PENGARUH PELAKSANAAN TES FORMATIF TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH ALIYAH IHWATUN HASANAH DESA BANGKO SEMPURNA KECAMATAN BANGKO PUSAKO KABUPATEN ROKAN HILIR
ctrlnum |
14039 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/14039/</relation><title>PENGARUH PELAKSANAAN TES FORMATIF TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH ALIYAH IHWATUN HASANAH DESA BANGKO SEMPURNA KECAMATAN BANGKO PUSAKO KABUPATEN ROKAN HILIR</title><creator>AL FAUZAN, </creator><subject>373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA</subject><description>Berdasarkan studi pendahuluan, penulis menemukan gejala Guru
melaksanakan tes sebelum dan sesudah pembelajaran. Guru melaksanakan
pembelajaran tanpa menjelaskan tujuan pembelajaran. Guru hanya menggunakan
metode pembelajaran yang monoton seperti ceramah. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pelaksanaan tes formatif terhadap
aktivitas pembelajaran siswa di Madrasah Aliyah Ihwatun Hasanah Bangko
Sempurna Kecamatan Bangko Pusako pada mata pelajaran fikih. Penelitian ini
dilaksanakan mulai dari tanggal 3 Juni 2018 sampai 4 Juni 2018 dan bertempat di
Madrasah Aliyah Ihwatun Hasanah jln Pelajar Km 18 Desa Bangko Sempurna
Kecamatan Bangko Pusako Kabupaten Rokan Hilir. Alasan dilaksanakan
penelitian di Madrasah Aliyah Ihwatun Hasanah karena permasalahan yang
sedang diteliti berada pada madrasah tersebut. Dalam hal ini melibatkan seluruh
populasi yang berjumlah 54 orang. Berdasarkan analisis data sebagaimana
dipaparkan pada bab IV maka dapat diambil kesimpulan yaitu ada pengaruh yang
signifikan pelaksanaan tes formatif terhadap aktivitas belajar siswa pada mata
pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Ihwatun Hasanah Desa Bangko Sempurna
Kecamatan Bangko Pusako Kabupaten Rokan Hilir, karena nilai korelasi (0.405)
lebih besar dari nilai taraf kesalahan 5% (0.273) dan 1% (0.354).

Kata kunci: Tes Formatif, Aktivitas Belajar Fiqih.</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/14039/1/1.%20COVER_2018968PAI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/14039/2/2.%20PENGESAHAN_2018968PAI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/14039/3/3.%20ABSTRAK_2018968PAI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/14039/4/4.%20PENGHARGAAN_2018968PAI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/14039/5/5.%20DAFTAR%20ISI_2018968PAI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/14039/6/6.%20BAB%20I_2018968PAI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/14039/7/7.%20BAB%20II_2018968PAI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/14039/8/8.%20BAB%20III_2018968PAI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/14039/9/9.%20BAB%20IV_2018968PAI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/14039/10/10.%20BAB%20V_2018968PAI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/14039/11/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA_2018968PAI.pdf</identifier><identifier> AL FAUZAN, (2018) PENGARUH PELAKSANAAN TES FORMATIF TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH ALIYAH IHWATUN HASANAH DESA BANGKO SEMPURNA KECAMATAN BANGKO PUSAKO KABUPATEN ROKAN HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>14039</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
AL FAUZAN, |
title |
PENGARUH PELAKSANAAN TES FORMATIF TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH ALIYAH IHWATUN HASANAH DESA BANGKO SEMPURNA KECAMATAN BANGKO PUSAKO KABUPATEN ROKAN HILIR |
publishDate |
2018 |
topic |
373.238 Sekolah Menengah Atas SMA |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/14039/1/1.%20COVER_2018968PAI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/14039/2/2.%20PENGESAHAN_2018968PAI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/14039/3/3.%20ABSTRAK_2018968PAI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/14039/4/4.%20PENGHARGAAN_2018968PAI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/14039/5/5.%20DAFTAR%20ISI_2018968PAI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/14039/6/6.%20BAB%20I_2018968PAI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/14039/7/7.%20BAB%20II_2018968PAI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/14039/8/8.%20BAB%20III_2018968PAI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/14039/9/9.%20BAB%20IV_2018968PAI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/14039/10/10.%20BAB%20V_2018968PAI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/14039/11/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA_2018968PAI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/14039/ |
contents |
Berdasarkan studi pendahuluan, penulis menemukan gejala Guru
melaksanakan tes sebelum dan sesudah pembelajaran. Guru melaksanakan
pembelajaran tanpa menjelaskan tujuan pembelajaran. Guru hanya menggunakan
metode pembelajaran yang monoton seperti ceramah. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pelaksanaan tes formatif terhadap
aktivitas pembelajaran siswa di Madrasah Aliyah Ihwatun Hasanah Bangko
Sempurna Kecamatan Bangko Pusako pada mata pelajaran fikih. Penelitian ini
dilaksanakan mulai dari tanggal 3 Juni 2018 sampai 4 Juni 2018 dan bertempat di
Madrasah Aliyah Ihwatun Hasanah jln Pelajar Km 18 Desa Bangko Sempurna
Kecamatan Bangko Pusako Kabupaten Rokan Hilir. Alasan dilaksanakan
penelitian di Madrasah Aliyah Ihwatun Hasanah karena permasalahan yang
sedang diteliti berada pada madrasah tersebut. Dalam hal ini melibatkan seluruh
populasi yang berjumlah 54 orang. Berdasarkan analisis data sebagaimana
dipaparkan pada bab IV maka dapat diambil kesimpulan yaitu ada pengaruh yang
signifikan pelaksanaan tes formatif terhadap aktivitas belajar siswa pada mata
pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Ihwatun Hasanah Desa Bangko Sempurna
Kecamatan Bangko Pusako Kabupaten Rokan Hilir, karena nilai korelasi (0.405)
lebih besar dari nilai taraf kesalahan 5% (0.273) dan 1% (0.354).
Kata kunci: Tes Formatif, Aktivitas Belajar Fiqih. |
id |
IOS7815.14039 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2019-07-31T02:11:26Z |
last_indexed |
2019-07-31T02:11:26Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674821999626551296 |
score |
17.538404 |