Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional jika ditinjau dari pengetahuan awal matematika pada siswa SMP Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah The Non-Equivalent Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 32 Pekanbaru. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Kelas yang digunakan yaitu VII.2 dan VII.4 dipilih berdasarkan masukan atau saran dari guru bidang study dan dengan melakukan uji normalitas, homogenitas dan uji-t. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.4 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu uji-t, dan annova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data, didapatkan kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dilihat dari nilai