PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DI KELAS XI SMAN 1 KAMPAR TIMUR
Main Author: | Rensi Astuti, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/1390/1/2011_2011883.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/1390/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) pada pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rencana penelitian pretes dan postes, dengan jumlah sampel 2 kelas yaitu kelas XI IPA1 (eksperimen) dan kelas XI IPA4 (kontrol). Untuk melihat peningkatan prestasi belajar siswa setelah diadakan perlakuan, dilihat dari data selisih nilai pretes dan postes antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan uji homogenitas sebagai data awal pada materi sebelumnya, pretes dan postes sebagai data akhir, dan dokumentasi. Data awal dan data akhir dianalisis dengan menggunakan t-test. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung = 5,32 dan ttabel = 1,671 dan menunjukkan thitung > ttabel. Sehingga Ho ditolak, yang berarti menunjukkan terjadinya peningkatan prestasi belajar dengan peningkatan sebesar 27,13 %. Dari hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS)) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Kata kunci : Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS), Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan