PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DI KELAS XI SMAN 1 KAMPAR TIMUR
Main Author: | Rensi Astuti, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/1390/1/2011_2011883.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/1390/ |
ctrlnum |
1390 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/1390/</relation><title>PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN
SCIENCE (CLIS) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR
SISWA PADA POKOK BAHASAN KELARUTAN DAN
HASIL KALI KELARUTAN DI KELAS
XI SMAN 1 KAMPAR TIMUR</title><creator>Rensi Astuti, </creator><subject>373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA</subject><description>Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan
menggunakan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) pada
pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan. Penelitian ini adalah penelitian
eksperimen dengan rencana penelitian pretes dan postes, dengan jumlah sampel 2
kelas yaitu kelas XI IPA1 (eksperimen) dan kelas XI IPA4 (kontrol). Untuk melihat
peningkatan prestasi belajar siswa setelah diadakan perlakuan, dilihat dari data selisih
nilai pretes dan postes antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik
pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan uji homogenitas
sebagai data awal pada materi sebelumnya, pretes dan postes sebagai data akhir, dan
dokumentasi. Data awal dan data akhir dianalisis dengan menggunakan t-test. Hasil
pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung = 5,32 dan ttabel = 1,671 dan menunjukkan
thitung > ttabel. Sehingga Ho ditolak, yang berarti menunjukkan terjadinya peningkatan
prestasi belajar dengan peningkatan sebesar 27,13 %. Dari hasil pengolahan data
dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Children Learning In
Science (CLIS)) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Kata kunci : Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Children Learning In
Science (CLIS), Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan</description><date>2011-01-18</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/1390/1/2011_2011883.pdf</identifier><identifier> Rensi Astuti, (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DI KELAS XI SMAN 1 KAMPAR TIMUR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>1390</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Rensi Astuti, |
title |
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN
SCIENCE (CLIS) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR
SISWA PADA POKOK BAHASAN KELARUTAN DAN
HASIL KALI KELARUTAN DI KELAS
XI SMAN 1 KAMPAR TIMUR |
publishDate |
2011 |
topic |
373.238 Sekolah Menengah Atas SMA |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/1390/1/2011_2011883.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/1390/ |
contents |
Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan
menggunakan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) pada
pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan. Penelitian ini adalah penelitian
eksperimen dengan rencana penelitian pretes dan postes, dengan jumlah sampel 2
kelas yaitu kelas XI IPA1 (eksperimen) dan kelas XI IPA4 (kontrol). Untuk melihat
peningkatan prestasi belajar siswa setelah diadakan perlakuan, dilihat dari data selisih
nilai pretes dan postes antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik
pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan uji homogenitas
sebagai data awal pada materi sebelumnya, pretes dan postes sebagai data akhir, dan
dokumentasi. Data awal dan data akhir dianalisis dengan menggunakan t-test. Hasil
pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung = 5,32 dan ttabel = 1,671 dan menunjukkan
thitung > ttabel. Sehingga Ho ditolak, yang berarti menunjukkan terjadinya peningkatan
prestasi belajar dengan peningkatan sebesar 27,13 %. Dari hasil pengolahan data
dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Children Learning In
Science (CLIS)) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Kata kunci : Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Children Learning In
Science (CLIS), Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan |
id |
IOS7815.1390 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2019-07-31T02:05:09Z |
last_indexed |
2019-07-31T02:05:09Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674821881765560320 |
score |
17.538404 |