PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DI KELAS XI SMAN 1 KAMPAR TIMUR

Main Author: Rensi Astuti,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
SMA
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/1390/1/2011_2011883.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/1390/
ctrlnum 1390
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/1390/</relation><title>PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN&#xD; SCIENCE (CLIS) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR&#xD; SISWA PADA POKOK BAHASAN KELARUTAN DAN&#xD; HASIL KALI KELARUTAN DI KELAS&#xD; XI SMAN 1 KAMPAR TIMUR</title><creator>Rensi Astuti, </creator><subject>373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA</subject><description>Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan&#xD; menggunakan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) pada&#xD; pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan. Penelitian ini adalah penelitian&#xD; eksperimen dengan rencana penelitian pretes dan postes, dengan jumlah sampel 2&#xD; kelas yaitu kelas XI IPA1 (eksperimen) dan kelas XI IPA4 (kontrol). Untuk melihat&#xD; peningkatan prestasi belajar siswa setelah diadakan perlakuan, dilihat dari data selisih&#xD; nilai pretes dan postes antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik&#xD; pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan uji homogenitas&#xD; sebagai data awal pada materi sebelumnya, pretes dan postes sebagai data akhir, dan&#xD; dokumentasi. Data awal dan data akhir dianalisis dengan menggunakan t-test. Hasil&#xD; pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung = 5,32 dan ttabel = 1,671 dan menunjukkan&#xD; thitung &gt; ttabel. Sehingga Ho ditolak, yang berarti menunjukkan terjadinya peningkatan&#xD; prestasi belajar dengan peningkatan sebesar 27,13 %. Dari hasil pengolahan data&#xD; dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Children Learning In&#xD; Science (CLIS)) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.&#xD; Kata kunci : Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Children Learning In&#xD; Science (CLIS), Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan</description><date>2011-01-18</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/1390/1/2011_2011883.pdf</identifier><identifier> Rensi Astuti, (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DI KELAS XI SMAN 1 KAMPAR TIMUR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>1390</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Rensi Astuti,
title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DI KELAS XI SMAN 1 KAMPAR TIMUR
publishDate 2011
topic 373.238 Sekolah Menengah Atas
SMA
url http://repository.uin-suska.ac.id/1390/1/2011_2011883.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/1390/
contents Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) pada pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rencana penelitian pretes dan postes, dengan jumlah sampel 2 kelas yaitu kelas XI IPA1 (eksperimen) dan kelas XI IPA4 (kontrol). Untuk melihat peningkatan prestasi belajar siswa setelah diadakan perlakuan, dilihat dari data selisih nilai pretes dan postes antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan uji homogenitas sebagai data awal pada materi sebelumnya, pretes dan postes sebagai data akhir, dan dokumentasi. Data awal dan data akhir dianalisis dengan menggunakan t-test. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung = 5,32 dan ttabel = 1,671 dan menunjukkan thitung > ttabel. Sehingga Ho ditolak, yang berarti menunjukkan terjadinya peningkatan prestasi belajar dengan peningkatan sebesar 27,13 %. Dari hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS)) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Kata kunci : Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS), Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan
id IOS7815.1390
institution Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 47
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
library_id 4
collection Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau
repository_id 7815
city KOTA PEKANBARU
province RIAU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7815
first_indexed 2019-07-31T02:05:09Z
last_indexed 2019-07-31T02:05:09Z
recordtype dc
_version_ 1674821881765560320
score 17.538404