PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON DI KELAS X SMA N 1 PANGKALAN KERINCI KECAMATAN PANGKALAN KERINCI KABUPATEN PELALAWAN
Main Author: | Rina Nurfitriani Marta, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/1377/1/2011_2011706.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/1377/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan hidrokarbon di kelas X SMA N 1 Pangkalan Kerinci melalui strategi pembelajaran aktif Index Card Match. Strategi pembelajaran aktif Index Card Match memiliki keunggulan yaitu siswa dapat mengembangkan ide dan kemampuan intelektualnya, mempercepat pemecahan masalah soal-soal, suasana kelas yang demokratis dan menyenangkan, membangkitkan semangat siswa untuk mengeluarkan pendapat. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rencana penelitian pretes dan postes, dengan jumlah sampel 2 kelas yaitu kelas X5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X6 sebagai kelas kontrol. Untuk melihat peningkatan prestasi belajar siswa setelah diadakan perlakuan, dilihat dari data selisih nilai pretes dan postes antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan uji homogenitas sebagai data awal pada materi prasyarat, pretes dan postes sebagai data akhir, dan dokumentasi. Data awal dan data akhir dianalisis dengan menggunakan t-test. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung = 2,50 dan ttabel = 1,68. Yang berarti thitung > ttabel dan terjadi peningkatan prestasi belajar sebesar 11,96 %. Dari hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif Index Card Match dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan hidrokarbon di kelas X SMA N 1 Pangkalan Kerinci. Kata kunci : Strategi Pembelajaran Aktif Index Card Match, Prestasi Belajar.