PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON DI KELAS X SMA N 1 PANGKALAN KERINCI KECAMATAN PANGKALAN KERINCI KABUPATEN PELALAWAN

Main Author: Rina Nurfitriani Marta,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
SMA
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/1377/1/2011_2011706.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/1377/
ctrlnum 1377
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/1377/</relation><title>PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF INDEX CARD&#xD; MATCH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR&#xD; SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON&#xD; DI KELAS X SMA N 1 PANGKALAN KERINCI&#xD; KECAMATAN PANGKALAN KERINCI&#xD; KABUPATEN PELALAWAN</title><creator>Rina Nurfitriani Marta, </creator><subject>373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada&#xD; pokok bahasan hidrokarbon di kelas X SMA N 1 Pangkalan Kerinci melalui&#xD; strategi pembelajaran aktif Index Card Match. Strategi pembelajaran aktif Index&#xD; Card Match memiliki keunggulan yaitu siswa dapat mengembangkan ide dan&#xD; kemampuan intelektualnya, mempercepat pemecahan masalah soal-soal, suasana&#xD; kelas yang demokratis dan menyenangkan, membangkitkan semangat siswa untuk&#xD; mengeluarkan pendapat.&#xD; Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rencana penelitian&#xD; pretes dan postes, dengan jumlah sampel 2 kelas yaitu kelas X5&#xD; sebagai kelas&#xD; eksperimen dan kelas X6&#xD; sebagai kelas kontrol. Untuk melihat peningkatan&#xD; prestasi belajar siswa setelah diadakan perlakuan, dilihat dari data selisih nilai&#xD; pretes dan postes antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan&#xD; data pada penelitian ini adalah dengan melakukan uji homogenitas sebagai data&#xD; awal pada materi prasyarat, pretes dan postes sebagai data akhir, dan&#xD; dokumentasi. Data awal dan data akhir dianalisis dengan menggunakan t-test.&#xD; Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung = 2,50 dan ttabel = 1,68.&#xD; Yang berarti thitung &gt; ttabel dan terjadi peningkatan prestasi belajar sebesar 11,96 %.&#xD; Dari hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi&#xD; pembelajaran aktif Index Card Match dapat meningkatkan prestasi belajar siswa&#xD; pada pokok bahasan hidrokarbon di kelas X SMA N 1 Pangkalan Kerinci.&#xD; Kata kunci : Strategi Pembelajaran Aktif Index Card Match, Prestasi Belajar.</description><date>2011-01-18</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/1377/1/2011_2011706.pdf</identifier><identifier> Rina Nurfitriani Marta, (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON DI KELAS X SMA N 1 PANGKALAN KERINCI KECAMATAN PANGKALAN KERINCI KABUPATEN PELALAWAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>1377</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Rina Nurfitriani Marta,
title PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON DI KELAS X SMA N 1 PANGKALAN KERINCI KECAMATAN PANGKALAN KERINCI KABUPATEN PELALAWAN
publishDate 2011
topic 373.238 Sekolah Menengah Atas
SMA
url http://repository.uin-suska.ac.id/1377/1/2011_2011706.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/1377/
contents Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan hidrokarbon di kelas X SMA N 1 Pangkalan Kerinci melalui strategi pembelajaran aktif Index Card Match. Strategi pembelajaran aktif Index Card Match memiliki keunggulan yaitu siswa dapat mengembangkan ide dan kemampuan intelektualnya, mempercepat pemecahan masalah soal-soal, suasana kelas yang demokratis dan menyenangkan, membangkitkan semangat siswa untuk mengeluarkan pendapat. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rencana penelitian pretes dan postes, dengan jumlah sampel 2 kelas yaitu kelas X5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X6 sebagai kelas kontrol. Untuk melihat peningkatan prestasi belajar siswa setelah diadakan perlakuan, dilihat dari data selisih nilai pretes dan postes antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan uji homogenitas sebagai data awal pada materi prasyarat, pretes dan postes sebagai data akhir, dan dokumentasi. Data awal dan data akhir dianalisis dengan menggunakan t-test. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung = 2,50 dan ttabel = 1,68. Yang berarti thitung > ttabel dan terjadi peningkatan prestasi belajar sebesar 11,96 %. Dari hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif Index Card Match dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan hidrokarbon di kelas X SMA N 1 Pangkalan Kerinci. Kata kunci : Strategi Pembelajaran Aktif Index Card Match, Prestasi Belajar.
id IOS7815.1377
institution Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 47
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
library_id 4
collection Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau
repository_id 7815
city KOTA PEKANBARU
province RIAU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7815
first_indexed 2019-07-31T02:05:09Z
last_indexed 2019-07-31T02:05:09Z
recordtype dc
_version_ 1674821881482444800
score 17.538404