PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON DI KELAS X SMA N 1 PANGKALAN KERINCI KECAMATAN PANGKALAN KERINCI KABUPATEN PELALAWAN
Main Author: | Rina Nurfitriani Marta, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/1377/1/2011_2011706.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/1377/ |
ctrlnum |
1377 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/1377/</relation><title>PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF INDEX CARD
MATCH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR
SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON
DI KELAS X SMA N 1 PANGKALAN KERINCI
KECAMATAN PANGKALAN KERINCI
KABUPATEN PELALAWAN</title><creator>Rina Nurfitriani Marta, </creator><subject>373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada
pokok bahasan hidrokarbon di kelas X SMA N 1 Pangkalan Kerinci melalui
strategi pembelajaran aktif Index Card Match. Strategi pembelajaran aktif Index
Card Match memiliki keunggulan yaitu siswa dapat mengembangkan ide dan
kemampuan intelektualnya, mempercepat pemecahan masalah soal-soal, suasana
kelas yang demokratis dan menyenangkan, membangkitkan semangat siswa untuk
mengeluarkan pendapat.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rencana penelitian
pretes dan postes, dengan jumlah sampel 2 kelas yaitu kelas X5
sebagai kelas
eksperimen dan kelas X6
sebagai kelas kontrol. Untuk melihat peningkatan
prestasi belajar siswa setelah diadakan perlakuan, dilihat dari data selisih nilai
pretes dan postes antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan
data pada penelitian ini adalah dengan melakukan uji homogenitas sebagai data
awal pada materi prasyarat, pretes dan postes sebagai data akhir, dan
dokumentasi. Data awal dan data akhir dianalisis dengan menggunakan t-test.
Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung = 2,50 dan ttabel = 1,68.
Yang berarti thitung > ttabel dan terjadi peningkatan prestasi belajar sebesar 11,96 %.
Dari hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi
pembelajaran aktif Index Card Match dapat meningkatkan prestasi belajar siswa
pada pokok bahasan hidrokarbon di kelas X SMA N 1 Pangkalan Kerinci.
Kata kunci : Strategi Pembelajaran Aktif Index Card Match, Prestasi Belajar.</description><date>2011-01-18</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/1377/1/2011_2011706.pdf</identifier><identifier> Rina Nurfitriani Marta, (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON DI KELAS X SMA N 1 PANGKALAN KERINCI KECAMATAN PANGKALAN KERINCI KABUPATEN PELALAWAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>1377</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Rina Nurfitriani Marta, |
title |
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF INDEX CARD
MATCH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR
SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON
DI KELAS X SMA N 1 PANGKALAN KERINCI
KECAMATAN PANGKALAN KERINCI
KABUPATEN PELALAWAN |
publishDate |
2011 |
topic |
373.238 Sekolah Menengah Atas SMA |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/1377/1/2011_2011706.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/1377/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada
pokok bahasan hidrokarbon di kelas X SMA N 1 Pangkalan Kerinci melalui
strategi pembelajaran aktif Index Card Match. Strategi pembelajaran aktif Index
Card Match memiliki keunggulan yaitu siswa dapat mengembangkan ide dan
kemampuan intelektualnya, mempercepat pemecahan masalah soal-soal, suasana
kelas yang demokratis dan menyenangkan, membangkitkan semangat siswa untuk
mengeluarkan pendapat.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rencana penelitian
pretes dan postes, dengan jumlah sampel 2 kelas yaitu kelas X5
sebagai kelas
eksperimen dan kelas X6
sebagai kelas kontrol. Untuk melihat peningkatan
prestasi belajar siswa setelah diadakan perlakuan, dilihat dari data selisih nilai
pretes dan postes antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan
data pada penelitian ini adalah dengan melakukan uji homogenitas sebagai data
awal pada materi prasyarat, pretes dan postes sebagai data akhir, dan
dokumentasi. Data awal dan data akhir dianalisis dengan menggunakan t-test.
Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung = 2,50 dan ttabel = 1,68.
Yang berarti thitung > ttabel dan terjadi peningkatan prestasi belajar sebesar 11,96 %.
Dari hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi
pembelajaran aktif Index Card Match dapat meningkatkan prestasi belajar siswa
pada pokok bahasan hidrokarbon di kelas X SMA N 1 Pangkalan Kerinci.
Kata kunci : Strategi Pembelajaran Aktif Index Card Match, Prestasi Belajar. |
id |
IOS7815.1377 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2019-07-31T02:05:09Z |
last_indexed |
2019-07-31T02:05:09Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674821881482444800 |
score |
17.538404 |