PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW IV UNTUK MENCAPAI KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN LAJU REAKSI DI KELAS XII SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DAR EL HIKMAH PEKANBARU
Main Author: | Hasnidar, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/1372/1/2011_2011666.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/1372/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang dilaksanakan penelitian tindakan kelas ini adalah masih belum tercapainya ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran kimia.kelas XII SMK Dar el Hikmah. Hal ini ditandai dengan rendahnya nilai yang dicapai siswa. Faktor penyebabnya adalah tidak adanya motivasi siswa dalam belajar, siswa sulit memahami materi , sulit memusatkan perhatian sehingga tidak bisa menerima pelajaran dengan baik dan siswa kurang memiliki keberanian untuk bertanya dan menyampaikan pendapatnya kepada teman atau gurunya. Berdasarkan uraian permasalahan di atas penulis melakukan penelitian sebagai salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Dar el Hikmah Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan dan kreativitas siswa yang pada akhirnya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar secara teoritik adalah model pembelajaran kooperatif tipe Jig Saw IV. Hasil analisis data pada penelitian ini menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa menurut standar sekolah terhadap materi pembelajaran menunjukkan peningkatan dengan persentase 56,50% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II.. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw IV dapat mencapai ketuntasan belajar siswa khususnya pada pokok bahasan laju reaksi di kelas XII SMK Dar el Hikmah Pekanbaru.