PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW IV UNTUK MENCAPAI KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN LAJU REAKSI DI KELAS XII SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DAR EL HIKMAH PEKANBARU

Main Author: Hasnidar,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
SMA
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/1372/1/2011_2011666.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/1372/
ctrlnum 1372
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/1372/</relation><title>PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE&#xD; JIGSAW IV UNTUK MENCAPAI KETUNTASAN BELAJAR&#xD; SISWA PADA POKOK BAHASAN LAJU REAKSI DI&#xD; KELAS XII SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN&#xD; DAR EL HIKMAH PEKANBARU</title><creator>Hasnidar, </creator><subject>373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA</subject><description>Latar belakang dilaksanakan penelitian tindakan kelas ini adalah masih&#xD; belum tercapainya ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran kimia.kelas XII&#xD; SMK Dar el Hikmah. Hal ini ditandai dengan rendahnya nilai yang dicapai siswa.&#xD; Faktor penyebabnya adalah tidak adanya motivasi siswa dalam belajar, siswa&#xD; sulit memahami materi , sulit memusatkan perhatian sehingga tidak bisa&#xD; menerima pelajaran dengan baik dan siswa kurang memiliki keberanian untuk&#xD; bertanya dan menyampaikan pendapatnya kepada teman atau gurunya.&#xD; Berdasarkan uraian permasalahan di atas penulis melakukan penelitian&#xD; sebagai salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini&#xD; dilaksanakan di SMK Dar el Hikmah Pekanbaru. Penelitian ini merupakan&#xD; penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran yang&#xD; dapat meningkatkan keaktifan dan kreativitas siswa yang pada akhirnya dapat&#xD; meningkatkan prestasi belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat&#xD; meningkatkan hasil belajar secara teoritik adalah model pembelajaran kooperatif&#xD; tipe Jig Saw IV.&#xD; Hasil analisis data pada penelitian ini menunjukkan bahwa ketuntasan&#xD; belajar siswa menurut standar sekolah terhadap materi pembelajaran menunjukkan&#xD; peningkatan dengan persentase 56,50% pada siklus I menjadi 100% pada siklus&#xD; II.. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model&#xD; pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw IV dapat mencapai ketuntasan belajar siswa&#xD; khususnya pada pokok bahasan laju reaksi di kelas XII SMK Dar el Hikmah&#xD; Pekanbaru.</description><date>2011-01-18</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/1372/1/2011_2011666.pdf</identifier><identifier> Hasnidar, (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW IV UNTUK MENCAPAI KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN LAJU REAKSI DI KELAS XII SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DAR EL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>1372</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Hasnidar,
title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW IV UNTUK MENCAPAI KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN LAJU REAKSI DI KELAS XII SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DAR EL HIKMAH PEKANBARU
publishDate 2011
topic 373.238 Sekolah Menengah Atas
SMA
url http://repository.uin-suska.ac.id/1372/1/2011_2011666.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/1372/
contents Latar belakang dilaksanakan penelitian tindakan kelas ini adalah masih belum tercapainya ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran kimia.kelas XII SMK Dar el Hikmah. Hal ini ditandai dengan rendahnya nilai yang dicapai siswa. Faktor penyebabnya adalah tidak adanya motivasi siswa dalam belajar, siswa sulit memahami materi , sulit memusatkan perhatian sehingga tidak bisa menerima pelajaran dengan baik dan siswa kurang memiliki keberanian untuk bertanya dan menyampaikan pendapatnya kepada teman atau gurunya. Berdasarkan uraian permasalahan di atas penulis melakukan penelitian sebagai salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Dar el Hikmah Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan dan kreativitas siswa yang pada akhirnya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar secara teoritik adalah model pembelajaran kooperatif tipe Jig Saw IV. Hasil analisis data pada penelitian ini menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa menurut standar sekolah terhadap materi pembelajaran menunjukkan peningkatan dengan persentase 56,50% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II.. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw IV dapat mencapai ketuntasan belajar siswa khususnya pada pokok bahasan laju reaksi di kelas XII SMK Dar el Hikmah Pekanbaru.
id IOS7815.1372
institution Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 47
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
library_id 4
collection Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau
repository_id 7815
city KOTA PEKANBARU
province RIAU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7815
first_indexed 2019-07-31T02:05:09Z
last_indexed 2019-07-31T02:05:09Z
recordtype dc
_version_ 1674821881467764736
score 17.538404