PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW IV UNTUK MENCAPAI KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN LAJU REAKSI DI KELAS XII SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DAR EL HIKMAH PEKANBARU
Main Author: | Hasnidar, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/1372/1/2011_2011666.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/1372/ |
ctrlnum |
1372 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/1372/</relation><title>PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE
JIGSAW IV UNTUK MENCAPAI KETUNTASAN BELAJAR
SISWA PADA POKOK BAHASAN LAJU REAKSI DI
KELAS XII SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
DAR EL HIKMAH PEKANBARU</title><creator>Hasnidar, </creator><subject>373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA</subject><description>Latar belakang dilaksanakan penelitian tindakan kelas ini adalah masih
belum tercapainya ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran kimia.kelas XII
SMK Dar el Hikmah. Hal ini ditandai dengan rendahnya nilai yang dicapai siswa.
Faktor penyebabnya adalah tidak adanya motivasi siswa dalam belajar, siswa
sulit memahami materi , sulit memusatkan perhatian sehingga tidak bisa
menerima pelajaran dengan baik dan siswa kurang memiliki keberanian untuk
bertanya dan menyampaikan pendapatnya kepada teman atau gurunya.
Berdasarkan uraian permasalahan di atas penulis melakukan penelitian
sebagai salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini
dilaksanakan di SMK Dar el Hikmah Pekanbaru. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran yang
dapat meningkatkan keaktifan dan kreativitas siswa yang pada akhirnya dapat
meningkatkan prestasi belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat
meningkatkan hasil belajar secara teoritik adalah model pembelajaran kooperatif
tipe Jig Saw IV.
Hasil analisis data pada penelitian ini menunjukkan bahwa ketuntasan
belajar siswa menurut standar sekolah terhadap materi pembelajaran menunjukkan
peningkatan dengan persentase 56,50% pada siklus I menjadi 100% pada siklus
II.. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw IV dapat mencapai ketuntasan belajar siswa
khususnya pada pokok bahasan laju reaksi di kelas XII SMK Dar el Hikmah
Pekanbaru.</description><date>2011-01-18</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/1372/1/2011_2011666.pdf</identifier><identifier> Hasnidar, (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW IV UNTUK MENCAPAI KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN LAJU REAKSI DI KELAS XII SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DAR EL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>1372</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Hasnidar, |
title |
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE
JIGSAW IV UNTUK MENCAPAI KETUNTASAN BELAJAR
SISWA PADA POKOK BAHASAN LAJU REAKSI DI
KELAS XII SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
DAR EL HIKMAH PEKANBARU |
publishDate |
2011 |
topic |
373.238 Sekolah Menengah Atas SMA |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/1372/1/2011_2011666.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/1372/ |
contents |
Latar belakang dilaksanakan penelitian tindakan kelas ini adalah masih
belum tercapainya ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran kimia.kelas XII
SMK Dar el Hikmah. Hal ini ditandai dengan rendahnya nilai yang dicapai siswa.
Faktor penyebabnya adalah tidak adanya motivasi siswa dalam belajar, siswa
sulit memahami materi , sulit memusatkan perhatian sehingga tidak bisa
menerima pelajaran dengan baik dan siswa kurang memiliki keberanian untuk
bertanya dan menyampaikan pendapatnya kepada teman atau gurunya.
Berdasarkan uraian permasalahan di atas penulis melakukan penelitian
sebagai salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini
dilaksanakan di SMK Dar el Hikmah Pekanbaru. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran yang
dapat meningkatkan keaktifan dan kreativitas siswa yang pada akhirnya dapat
meningkatkan prestasi belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat
meningkatkan hasil belajar secara teoritik adalah model pembelajaran kooperatif
tipe Jig Saw IV.
Hasil analisis data pada penelitian ini menunjukkan bahwa ketuntasan
belajar siswa menurut standar sekolah terhadap materi pembelajaran menunjukkan
peningkatan dengan persentase 56,50% pada siklus I menjadi 100% pada siklus
II.. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw IV dapat mencapai ketuntasan belajar siswa
khususnya pada pokok bahasan laju reaksi di kelas XII SMK Dar el Hikmah
Pekanbaru. |
id |
IOS7815.1372 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2019-07-31T02:05:09Z |
last_indexed |
2019-07-31T02:05:09Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674821881467764736 |
score |
17.538404 |