PENGARUH PELAKSANAAN METODE QIYASIYAH PADA PEMBELAJARAN NAHWU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MADRASAH ‘ALIYAH TARBIYAH ISLAMIYAH CANDUANG
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan menggunakan pendekatan Kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan metode qiyasiyah pada pembelajaran nahwu terhadap hasil belajar siswa kelas 6 Madrasah „Aliyah Tarbiyah Islamiyah Canduang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Pengaruh pelaksanaan metode qiyasiyah pada pembelajaran nahwu serta hubungannya terhadap hasil belajar siswa kelas 6 Madrasah „Aliyah Tarbiyah Islamiyah Canduang. Sebagai penelitian korelasi, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas 6 Madrasah „Aliyah Tarbiyah Islamiyah Canduang dan sampel siswa kelas 6 “I” yaitu sebanyak 30 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, tes, dan angket. Sedangkan untuk menganalisis data, peneliti menggunakan rumus product moment secara manual. Diketahui bahwa, terdapat hubungan yang kuat dan signifikan antara pengaruh pelaksanaan metode qiyasiyah pada pembelajaran nahwu terhadap hasil belajar siswa kelas 6 Madrasah „Aliyah Tarbiyah Islamiyah Canduang, yang ditunjukkan dengan n ilai “r” adalah 0,979 derajat kebebasannya adalah 30 orang. Berdasarkan analisis table “r” nilai dari tingkat 1% adalah 0,478 dan 5% adalah 0,374 hubungan ini termasuk kedalam kategori “sangat kuat” 0,478 0,979 0,374, Dengan demikian kesimpulannya adalah tinggi rendahnya pengaruh pelaksanaan metode qiyasiyah pada pembelajaran nahwu berhubungan dengan tinggi rendahnya terhadap hasil belajar yang diperoleh siswa tersebut. semakin tinggi pengaruh pelaksanaan metode qiyasiyah pada pembelajaran nahwu maka semakin meningkatlah hasil belajar siswa tersebut.. Kata Kunci: Pengaruh, Metode Qiyasiyah, Hasil Belajar.