Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah AlIkhwan Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa, diantaranya siswa kurang memperhatikan pembelajaran yang disampaikan oleh guru, sebagian siswa tidak memberikan pendapat dan hanya beberapa orang siswa yang mengajukan pertanyaan kepada guru. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Sedangkan objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament dan aktivitas belajar. Penelitian ini dilakukan dalam II siklus, setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi aktivitas guru, siswa dan aktivitas belajar siswa serta dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial sebelum tindakan hanya 48% atau berada pada kategori “kurang baik”. Kemudian setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament pada siklus I, aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 64% dengan kategori “cukup baik”. Pada siklus II aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan yaitu 81% dengan kategori “baik”artinya sudah mencapai indikator yang diharapkan. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tounament dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Ikhwan Pekanbaru. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Teams Games Tournament, Aktivitas Belajar