PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH AL-IKHWAN PEKANBARU
ctrlnum |
13504 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/13504/</relation><title>PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH AL-IKHWAN PEKANBARU</title><creator>NURHASANAH, </creator><subject>371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata
pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe teams games tournament di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah AlIkhwan
Pekanbaru.
Penelitian
ini
dilatarbelakangi
oleh
rendahnya
aktivitas
belajar

siswa,
diantaranya
siswa
kurang
memperhatikan
pembelajaran
yang
disampaikan

oleh
guru,
sebagian
siswa
tidak
memberikan
pendapat
dan
hanya
beberapa
orang

siswa

yang mengajukan pertanyaan kepada guru. Penelitian ini merupakan
Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan
siswa. Sedangkan objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe teams games tournament dan aktivitas belajar. Penelitian ini
dilakukan dalam II siklus, setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi aktivitas guru, siswa dan
aktivitas belajar siswa serta dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan
adalah deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan
analisis data menunjukkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran Ilmu
Pengetahuan Sosial sebelum tindakan hanya 48% atau berada pada kategori
“kurang baik”. Kemudian setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe
teams games tournament pada siklus I, aktivitas belajar siswa meningkat menjadi
64% dengan kategori “cukup baik”. Pada siklus II aktivitas belajar siswa
mengalami peningkatan yaitu 81% dengan kategori “baik”artinya sudah mencapai
indikator yang diharapkan. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tounament dapat
meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan
Sosial di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Ikhwan Pekanbaru.

Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Teams Games Tournament, Aktivitas Belajar</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13504/1/1.%20COVER_2018777PGMI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13504/2/2.%20PENGESAHAN_2018777PGMI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13504/3/3.%20ABSTRAK_2018777PGMI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13504/4/4.%20PENGHARGAAN_2018777PGMI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13504/5/5.%20DAFTAR%20ISI_2018777PGMI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13504/6/6.%20BAB%20I_2018777PGMI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13504/7/7.%20BAB%20II_2018777PGMI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13504/8/8.%20BAB%20III_2018777PGMI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13504/9/9.%20BAB%20IV_2018777PGMI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13504/10/10.%20BAB%20V_2018777PGMI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13504/11/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA_2018777PGMI.pdf</identifier><identifier> NURHASANAH, (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH AL-IKHWAN PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>13504</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
NURHASANAH, |
title |
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH AL-IKHWAN PEKANBARU |
publishDate |
2018 |
topic |
371.3 Metode Belajar Mengajar Kegiatan Belajar Mengajar |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/13504/1/1.%20COVER_2018777PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13504/2/2.%20PENGESAHAN_2018777PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13504/3/3.%20ABSTRAK_2018777PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13504/4/4.%20PENGHARGAAN_2018777PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13504/5/5.%20DAFTAR%20ISI_2018777PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13504/6/6.%20BAB%20I_2018777PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13504/7/7.%20BAB%20II_2018777PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13504/8/8.%20BAB%20III_2018777PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13504/9/9.%20BAB%20IV_2018777PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13504/10/10.%20BAB%20V_2018777PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13504/11/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA_2018777PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13504/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata
pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe teams games tournament di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah AlIkhwan
Pekanbaru.
Penelitian
ini
dilatarbelakangi
oleh
rendahnya
aktivitas
belajar
siswa,
diantaranya
siswa
kurang
memperhatikan
pembelajaran
yang
disampaikan
oleh
guru,
sebagian
siswa
tidak
memberikan
pendapat
dan
hanya
beberapa
orang
siswa
yang mengajukan pertanyaan kepada guru. Penelitian ini merupakan
Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan
siswa. Sedangkan objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe teams games tournament dan aktivitas belajar. Penelitian ini
dilakukan dalam II siklus, setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi aktivitas guru, siswa dan
aktivitas belajar siswa serta dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan
adalah deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan
analisis data menunjukkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran Ilmu
Pengetahuan Sosial sebelum tindakan hanya 48% atau berada pada kategori
“kurang baik”. Kemudian setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe
teams games tournament pada siklus I, aktivitas belajar siswa meningkat menjadi
64% dengan kategori “cukup baik”. Pada siklus II aktivitas belajar siswa
mengalami peningkatan yaitu 81% dengan kategori “baik”artinya sudah mencapai
indikator yang diharapkan. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tounament dapat
meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan
Sosial di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Ikhwan Pekanbaru.
Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Teams Games Tournament, Aktivitas Belajar |
id |
IOS7815.13504 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2019-07-31T02:11:03Z |
last_indexed |
2019-07-31T02:11:03Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674821995912495104 |
score |
17.538404 |