PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR KIMIA POKOK BAHASAN HIDROKARBON SMAN 2 TAMBANG KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Apeni Asri,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
SMA
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/1350/1/2011_2011410.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/1350/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dimana peneliti bertugas sebagai guru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa yang berjumlah 34 siswa dan objek penelitian ini adalah Peningkatan keaktifan Belajar Kimia melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dan dokumentasi. Observasi dilakukan oleh dua observer (Guru dan Mahasiswa PPL UR) Observasi yang dilakukan 4 kali yaitu satu kali pertemuan dengan tidak menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan tiga pertemuan lagi menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI). Sedangkan dokumentasi dilakukan untuk mengetahui data guru dan siswa. Berdasarkan Rata-rata persentase keaktifan belajar siswa dari seluruh indikator pada pra tindakan 49.7%, siklus I sebesar 55.14%, dan meningkat menjadi 62.5% siklus II, hingga pada siklus III meningkat menjadi 72.35%, yang mengalami peningkatan secara signifikan.