PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR KIMIA POKOK BAHASAN HIDROKARBON SMAN 2 TAMBANG KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR
Main Author: | Apeni Asri, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/1350/1/2011_2011410.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/1350/ |
ctrlnum |
1350 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/1350/</relation><title>PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TAI (TEAM ASSISTED
INDIVIDUALIZATION) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN
BELAJAR KIMIA POKOK BAHASAN HIDROKARBON
SMAN 2 TAMBANG KECAMATAN TAMBANG
KABUPATEN KAMPAR</title><creator>Apeni Asri, </creator><subject>373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA</subject><description>Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dimana peneliti
bertugas sebagai guru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa yang berjumlah
34 siswa dan objek penelitian ini adalah Peningkatan keaktifan Belajar Kimia
melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization
(TAI). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dan
dokumentasi. Observasi dilakukan oleh dua observer (Guru dan Mahasiswa PPL
UR) Observasi yang dilakukan 4 kali yaitu satu kali pertemuan dengan tidak
menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted
Individualization (TAI) dan tiga pertemuan lagi menerapkan Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI). Sedangkan dokumentasi
dilakukan untuk mengetahui data guru dan siswa. Berdasarkan Rata-rata
persentase keaktifan belajar siswa dari seluruh indikator pada pra tindakan 49.7%,
siklus I sebesar 55.14%, dan meningkat menjadi 62.5% siklus II, hingga pada
siklus III meningkat menjadi 72.35%, yang mengalami peningkatan secara
signifikan.</description><date>2011-01-18</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/1350/1/2011_2011410.pdf</identifier><identifier> Apeni Asri, (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR KIMIA POKOK BAHASAN HIDROKARBON SMAN 2 TAMBANG KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>1350</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Apeni Asri, |
title |
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TAI (TEAM ASSISTED
INDIVIDUALIZATION) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN
BELAJAR KIMIA POKOK BAHASAN HIDROKARBON
SMAN 2 TAMBANG KECAMATAN TAMBANG
KABUPATEN KAMPAR |
publishDate |
2011 |
topic |
373.238 Sekolah Menengah Atas SMA |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/1350/1/2011_2011410.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/1350/ |
contents |
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dimana peneliti
bertugas sebagai guru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa yang berjumlah
34 siswa dan objek penelitian ini adalah Peningkatan keaktifan Belajar Kimia
melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization
(TAI). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dan
dokumentasi. Observasi dilakukan oleh dua observer (Guru dan Mahasiswa PPL
UR) Observasi yang dilakukan 4 kali yaitu satu kali pertemuan dengan tidak
menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted
Individualization (TAI) dan tiga pertemuan lagi menerapkan Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI). Sedangkan dokumentasi
dilakukan untuk mengetahui data guru dan siswa. Berdasarkan Rata-rata
persentase keaktifan belajar siswa dari seluruh indikator pada pra tindakan 49.7%,
siklus I sebesar 55.14%, dan meningkat menjadi 62.5% siklus II, hingga pada
siklus III meningkat menjadi 72.35%, yang mengalami peningkatan secara
signifikan. |
id |
IOS7815.1350 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2019-07-31T02:05:09Z |
last_indexed |
2019-07-31T02:05:09Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674821881401704448 |
score |
17.538404 |