Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan LKS Matematika berbasis pendekatan Inquiry yang valid, praktis dan efektif dalam memfasilitasi kemampuan koneksi matematis siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di MTs Islamiyah Segomeng. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII.1 dan objek penelitian adalah adalah LKS Matematika berbasis pendekatan Inquiry Jenis data yang diambil dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data berupa angket uji validitas, angket uji praktikalitas, dan tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan kualitas LKS Matematika yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid (80,83%) dan sangat praktis (untuk kelompok kecil dan untuk kelompok besar). Sedangkan nilai sebesar dan nilai pada taraf signifikan sebesar maka atau, sehingga diterima dan ditolak. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan koneksi matematis antara siswa kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol. Hal tersebut menunjukkan bahwa LKS matematika berbasis pendekatan Inquiry ini telah valid, praktis dan dapat memfasilitasi kemampuan koneksi matematis siswa. Kata Kunci: LKS, Pendekatan Inqury, Kemampuan Koneksi Matematis