PENERAPAN METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW (SQ3R) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 130 PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V Sekolah Dasar Negeri 130 Pekanbaru dengan Penerapan Metode Survey, Question, Read, Recite, Review. (SQ3R) Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang tidak mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan sekolah yaitu 70. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan metode survey, question, read, recite, review (sq3r) dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dua siklus, setiap siklus dilakukan dalam dua pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa penerapan metode survey, question, read, recite, review (sq3r) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat sebelum tindakan hanya mencapai 44,12% atau tergolong “cukup”. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, hasil belajar siswa meningkat menjadi 67,65% atau tergolong “tinggi”. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi 85,29% atau tergolong “sangat tinggi”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode survey, question, read, recite, review (sq3r) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 130 Pekanbaru. Kata Kunci: Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R), Hasil Belajar, Bahasa Indonesia