ctrlnum 13359
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/13359/</relation><title>PENERAPAN METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW (SQ3R) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 130 PEKANBARU</title><creator>RAHMA YUNI, </creator><subject>371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa &#xD; pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V Sekolah Dasar Negeri 130&#xD; Pekanbaru dengan Penerapan Metode Survey, Question, Read, Recite, Review.&#xD; (SQ3R) Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang&#xD; tidak mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan&#xD; sekolah yaitu 70. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Sebagai&#xD; subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Objek dalam penelitian ini&#xD; adalah penerapan metode survey, question, read, recite, review (sq3r) dan hasil&#xD; belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dua siklus, setiap siklus dilakukan dalam&#xD; dua pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini&#xD; adalah observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Teknik analisis data&#xD; menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan&#xD; analisis data bahwa penerapan metode survey, question, read, recite, review (sq3r)&#xD; dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat sebelum tindakan&#xD; hanya mencapai 44,12% atau tergolong &#x201C;cukup&#x201D;. Setelah dilakukan tindakan pada&#xD; siklus I, hasil belajar siswa meningkat menjadi 67,65% atau tergolong &#x201C;tinggi&#x201D;.&#xD; Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi 85,29% atau tergolong&#xD; &#x201C;sangat tinggi&#x201D;. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode&#xD; survey, question, read, recite, review (sq3r) dapat meningkatkan hasil belajar&#xD; siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 130 Pekanbaru.&#xD; &#xD; Kata Kunci: Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R), Hasil Belajar, Bahasa Indonesia</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13359/1/1.%20COVER_2018683PGMI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13359/2/2.%20PENGESAHAN_2018683PGMI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13359/3/3.%20ABSTRAK_2018683PGMI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13359/4/4.%20PENGHARGAAN_2018683PGMI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13359/5/5.%20DAFTAR%20ISI_2018683PGMI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13359/6/6.%20BAB%20I_2018683PGMI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13359/7/7.%20BAB%20II_2018683PGMI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13359/8/8.%20BAB%20III_2018683PGMI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13359/9/9.%20BAB%20IV_2018683PGMI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13359/10/10.%20BAB%20V_2018683PGMI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13359/11/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA_2018683PGMI.pdf</identifier><identifier> RAHMA YUNI, (2018) PENERAPAN METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW (SQ3R) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 130 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>13359</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author RAHMA YUNI,
title PENERAPAN METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW (SQ3R) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 130 PEKANBARU
publishDate 2018
topic 371.3 Metode Belajar Mengajar
Kegiatan Belajar Mengajar
url http://repository.uin-suska.ac.id/13359/1/1.%20COVER_2018683PGMI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/13359/2/2.%20PENGESAHAN_2018683PGMI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/13359/3/3.%20ABSTRAK_2018683PGMI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/13359/4/4.%20PENGHARGAAN_2018683PGMI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/13359/5/5.%20DAFTAR%20ISI_2018683PGMI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/13359/6/6.%20BAB%20I_2018683PGMI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/13359/7/7.%20BAB%20II_2018683PGMI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/13359/8/8.%20BAB%20III_2018683PGMI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/13359/9/9.%20BAB%20IV_2018683PGMI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/13359/10/10.%20BAB%20V_2018683PGMI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/13359/11/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA_2018683PGMI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/13359/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V Sekolah Dasar Negeri 130 Pekanbaru dengan Penerapan Metode Survey, Question, Read, Recite, Review. (SQ3R) Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang tidak mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan sekolah yaitu 70. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan metode survey, question, read, recite, review (sq3r) dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dua siklus, setiap siklus dilakukan dalam dua pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa penerapan metode survey, question, read, recite, review (sq3r) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat sebelum tindakan hanya mencapai 44,12% atau tergolong “cukup”. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, hasil belajar siswa meningkat menjadi 67,65% atau tergolong “tinggi”. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi 85,29% atau tergolong “sangat tinggi”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode survey, question, read, recite, review (sq3r) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 130 Pekanbaru. Kata Kunci: Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R), Hasil Belajar, Bahasa Indonesia
id IOS7815.13359
institution Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 47
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
library_id 4
collection Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau
repository_id 7815
city KOTA PEKANBARU
province RIAU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7815
first_indexed 2019-07-31T02:10:58Z
last_indexed 2019-07-31T02:10:58Z
recordtype dc
_version_ 1674821995043225600
score 17.538404