PENERAPAN METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW (SQ3R) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 130 PEKANBARU
ctrlnum |
13359 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/13359/</relation><title>PENERAPAN METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW (SQ3R) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 130 PEKANBARU</title><creator>RAHMA YUNI, </creator><subject>371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa 
pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V Sekolah Dasar Negeri 130
Pekanbaru dengan Penerapan Metode Survey, Question, Read, Recite, Review.
(SQ3R) Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang
tidak mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan
sekolah yaitu 70. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Sebagai
subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Objek dalam penelitian ini
adalah penerapan metode survey, question, read, recite, review (sq3r) dan hasil
belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dua siklus, setiap siklus dilakukan dalam
dua pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Teknik analisis data
menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan
analisis data bahwa penerapan metode survey, question, read, recite, review (sq3r)
dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat sebelum tindakan
hanya mencapai 44,12% atau tergolong “cukup”. Setelah dilakukan tindakan pada
siklus I, hasil belajar siswa meningkat menjadi 67,65% atau tergolong “tinggi”.
Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi 85,29% atau tergolong
“sangat tinggi”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode
survey, question, read, recite, review (sq3r) dapat meningkatkan hasil belajar
siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 130 Pekanbaru.

Kata Kunci: Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R), Hasil Belajar, Bahasa Indonesia</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13359/1/1.%20COVER_2018683PGMI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13359/2/2.%20PENGESAHAN_2018683PGMI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13359/3/3.%20ABSTRAK_2018683PGMI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13359/4/4.%20PENGHARGAAN_2018683PGMI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13359/5/5.%20DAFTAR%20ISI_2018683PGMI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13359/6/6.%20BAB%20I_2018683PGMI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13359/7/7.%20BAB%20II_2018683PGMI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13359/8/8.%20BAB%20III_2018683PGMI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13359/9/9.%20BAB%20IV_2018683PGMI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13359/10/10.%20BAB%20V_2018683PGMI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13359/11/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA_2018683PGMI.pdf</identifier><identifier> RAHMA YUNI, (2018) PENERAPAN METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW (SQ3R) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 130 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>13359</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
RAHMA YUNI, |
title |
PENERAPAN METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW (SQ3R) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 130 PEKANBARU |
publishDate |
2018 |
topic |
371.3 Metode Belajar Mengajar Kegiatan Belajar Mengajar |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/13359/1/1.%20COVER_2018683PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13359/2/2.%20PENGESAHAN_2018683PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13359/3/3.%20ABSTRAK_2018683PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13359/4/4.%20PENGHARGAAN_2018683PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13359/5/5.%20DAFTAR%20ISI_2018683PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13359/6/6.%20BAB%20I_2018683PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13359/7/7.%20BAB%20II_2018683PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13359/8/8.%20BAB%20III_2018683PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13359/9/9.%20BAB%20IV_2018683PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13359/10/10.%20BAB%20V_2018683PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13359/11/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA_2018683PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13359/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa
pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V Sekolah Dasar Negeri 130
Pekanbaru dengan Penerapan Metode Survey, Question, Read, Recite, Review.
(SQ3R) Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang
tidak mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan
sekolah yaitu 70. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Sebagai
subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Objek dalam penelitian ini
adalah penerapan metode survey, question, read, recite, review (sq3r) dan hasil
belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dua siklus, setiap siklus dilakukan dalam
dua pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Teknik analisis data
menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan
analisis data bahwa penerapan metode survey, question, read, recite, review (sq3r)
dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat sebelum tindakan
hanya mencapai 44,12% atau tergolong “cukup”. Setelah dilakukan tindakan pada
siklus I, hasil belajar siswa meningkat menjadi 67,65% atau tergolong “tinggi”.
Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi 85,29% atau tergolong
“sangat tinggi”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode
survey, question, read, recite, review (sq3r) dapat meningkatkan hasil belajar
siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 130 Pekanbaru.
Kata Kunci: Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R), Hasil Belajar, Bahasa Indonesia |
id |
IOS7815.13359 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2019-07-31T02:10:58Z |
last_indexed |
2019-07-31T02:10:58Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674821995043225600 |
score |
17.538404 |