PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERIODIK UNSUR UNSUR SISWA KELAS X SMA LKMD SUKARAMAI KECAMATAN TAPUNG HULU KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Nurmostofa,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
SMA
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/1333/1/2011_2011144.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/1333/
ctrlnum 1333
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/1333/</relation><title>PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED &#xD; READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR &#xD; KIMIA PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERIODIK UNSUR UNSUR SISWA &#xD; KELAS X SMA LKMD SUKARAMAI KECAMATAN &#xD; TAPUNG HULU KABUPATEN KAMPAR</title><creator>Nurmostofa, </creator><subject>373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA</subject><description>Telah dilakukan penelitian tindakan kelas dengan latar belakang penelitian dalah &#xD; rendahnya aktivitas dan hasil belajar kimia siswa kelas X SMA LKMD Sukaramai &#xD; Kecamatan Tapung Hulu Kabupaten Kampar dari 18 siswa hanya Hanya sebagian siswa &#xD; yang mampu menjawaban pertanyaan guru dengan benar ketika dilakukan evaluasi &#xD; dengan tanya jawab, Kurangnya penguasaan siswa terhadap materi yang diajarkan, hal ini &#xD; terlihat dari hasil ulangan harian yang dilaksanakan maupun nilai mid semester siswa &#xD; yang mayoritas di bawah nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 6,5, dan &#xD; Kurangnya keinginan siswa bertanya pada guru maupun kerjamasa dengan siswa lain. &#xD; Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelas X &#xD; SMA LKMD Sukaramai Tapung Hulu dengan penerapan model pembelajaran kooperatif &#xD; tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Subjek dalam penelitian &#xD; ini adalah siswa kelas kelas X SMA LKMD Sukaramai Tapung Hulu semester ganjil &#xD; tahun pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 18 orang siswa. Sedangkan objek dalam &#xD; penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative &#xD; Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk meningkatkan hasil belajar kimia &#xD; siswa kelas X SMA LKMD Sukaramai Tapung Hulu. Berdasarkan hasil penelitian, &#xD; penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and &#xD; Composition (CIRC) pada proses pembelajaran di kelas X SMA LKMD Sukaramai &#xD; Tapung Hulu membuat hasil belajar siswa meningkat. Dari analisis data tentang &#xD; keberhasilan tindakan diperoleh fakta bahwa terjadi peningkatan jumlah siswa yang &#xD; memiliki nilai di atas 65 sesudah tindakan dibandingkan dengan jumlah siswa yang &#xD; memiliki nilai di atas 65 sebelum tindakan dengan persentase ketuntasan sebesar 33,3%, &#xD; dan pada ulangan harian I meningkat dengan 55,6%. Sedangkan pada ulangan harian II &#xD; diperoleh seluruh siswa (100%) memperoleh nilai minimal atau di atas 65.</description><date>2011-01-18</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/1333/1/2011_2011144.pdf</identifier><identifier> Nurmostofa, (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERIODIK UNSUR UNSUR SISWA KELAS X SMA LKMD SUKARAMAI KECAMATAN TAPUNG HULU KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>1333</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Nurmostofa,
title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERIODIK UNSUR UNSUR SISWA KELAS X SMA LKMD SUKARAMAI KECAMATAN TAPUNG HULU KABUPATEN KAMPAR
publishDate 2011
topic 373.238 Sekolah Menengah Atas
SMA
url http://repository.uin-suska.ac.id/1333/1/2011_2011144.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/1333/
contents Telah dilakukan penelitian tindakan kelas dengan latar belakang penelitian dalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar kimia siswa kelas X SMA LKMD Sukaramai Kecamatan Tapung Hulu Kabupaten Kampar dari 18 siswa hanya Hanya sebagian siswa yang mampu menjawaban pertanyaan guru dengan benar ketika dilakukan evaluasi dengan tanya jawab, Kurangnya penguasaan siswa terhadap materi yang diajarkan, hal ini terlihat dari hasil ulangan harian yang dilaksanakan maupun nilai mid semester siswa yang mayoritas di bawah nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 6,5, dan Kurangnya keinginan siswa bertanya pada guru maupun kerjamasa dengan siswa lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelas X SMA LKMD Sukaramai Tapung Hulu dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas kelas X SMA LKMD Sukaramai Tapung Hulu semester ganjil tahun pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 18 orang siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelas X SMA LKMD Sukaramai Tapung Hulu. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada proses pembelajaran di kelas X SMA LKMD Sukaramai Tapung Hulu membuat hasil belajar siswa meningkat. Dari analisis data tentang keberhasilan tindakan diperoleh fakta bahwa terjadi peningkatan jumlah siswa yang memiliki nilai di atas 65 sesudah tindakan dibandingkan dengan jumlah siswa yang memiliki nilai di atas 65 sebelum tindakan dengan persentase ketuntasan sebesar 33,3%, dan pada ulangan harian I meningkat dengan 55,6%. Sedangkan pada ulangan harian II diperoleh seluruh siswa (100%) memperoleh nilai minimal atau di atas 65.
id IOS7815.1333
institution Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 47
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
library_id 4
collection Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau
repository_id 7815
city KOTA PEKANBARU
province RIAU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7815
first_indexed 2019-07-31T02:05:09Z
last_indexed 2019-07-31T02:05:09Z
recordtype dc
_version_ 1674821881342984192
score 17.538404