Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah tingkat kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP Negeri 19 Pekanbaru masih tergolong rendah serta siswa masih mengganggap bahwa matematika itu sulit, sehingga perlu dikembangkan bahan ajar untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa berbasis model Creative Problem Solving yang valid, praktis dan efektif serta untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Pengembangan LKS mengikuti model pengembangan Define, Design, Development, Disseminate (4D). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 19 Pekanbaru pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 19 Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII.2 sebagai kelas eksperimen serta kelas VII.1 sebagai kelas kontrol. Objek penelitian adalah LKS matematika berbasis model CPS. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan kualitas LKS yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid (86,41%), sangat praktis (85,66 %) untuk kelompok kecil dan sangat praktis (85,01%) untuk kelompok besar. Sedangkan nilai