PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP PEKANBARU
ctrlnum |
13245 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/13245/</relation><title>PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF
TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP
KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS 
DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR 
SISWA SMP PEKANBARU</title><creator>MEINI GIVA PUTRI, </creator><subject>371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan pemecahan 
masalah matematis menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered
Heads Together (NHT) dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran
konvensional jika ditinjau dari Kemandirian Belajar pada siswa SMP Pekanbaru.
Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan
adalah Non-Equivalent Post Test Only Control Group Design. Populasi dalam
penelitian ini adalah siswa SMP Pekanbaru. Teknik sampel yang digunakan dalam
penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini
adalah kelas VII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.2 sebagai kelas kontrol.
Kelas VII.1 dan VII.2 dipilih secara acak dari 5 sampel. Untuk melihat hasil
penelitian tersebut, digunakan rumus Chi Kuadrat untuk menguji normalitas data,
kemudian digunakan rumus uji-t (test-t) untuk mengetahui hasil penelitian dan
anova dua arah untuk melihat interaksi. Berdasarkan hasil analisis data, didapat
kesimpulan bahwa: 1) Terdapat pengaruh kemampuan pemecahan masalah
matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe
Numbered Heads Together (NHT) dengan siswa yang belajar menggunakan
pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dilihat dari nilai</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13245/1/1.%20COVER_2018632PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13245/2/2.%20PENGESAHAN_2018632PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13245/3/3.%20ABSTRAK_2018632PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13245/4/4.%20PENGHARGAAN_2018632PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13245/5/5.%20DAFTAR%20ISI_2018632PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13245/6/6.%20BAB%20I_2018632PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13245/7/7.%20BAB%20II_2018632PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13245/8/8.%20BAB%20III_2018632PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13245/9/9.%20BAB%20IV_2018632PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13245/10/10.%20BAB%20V_2018632PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13245/11/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA_2018632PMT.pdf</identifier><identifier> MEINI GIVA PUTRI, (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>13245</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
MEINI GIVA PUTRI, |
title |
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF
TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP
KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS
DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR
SISWA SMP PEKANBARU |
publishDate |
2018 |
topic |
371.3 Metode Belajar Mengajar Kegiatan Belajar Mengajar |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/13245/1/1.%20COVER_2018632PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13245/2/2.%20PENGESAHAN_2018632PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13245/3/3.%20ABSTRAK_2018632PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13245/4/4.%20PENGHARGAAN_2018632PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13245/5/5.%20DAFTAR%20ISI_2018632PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13245/6/6.%20BAB%20I_2018632PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13245/7/7.%20BAB%20II_2018632PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13245/8/8.%20BAB%20III_2018632PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13245/9/9.%20BAB%20IV_2018632PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13245/10/10.%20BAB%20V_2018632PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13245/11/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA_2018632PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13245/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan pemecahan
masalah matematis menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered
Heads Together (NHT) dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran
konvensional jika ditinjau dari Kemandirian Belajar pada siswa SMP Pekanbaru.
Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan
adalah Non-Equivalent Post Test Only Control Group Design. Populasi dalam
penelitian ini adalah siswa SMP Pekanbaru. Teknik sampel yang digunakan dalam
penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini
adalah kelas VII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.2 sebagai kelas kontrol.
Kelas VII.1 dan VII.2 dipilih secara acak dari 5 sampel. Untuk melihat hasil
penelitian tersebut, digunakan rumus Chi Kuadrat untuk menguji normalitas data,
kemudian digunakan rumus uji-t (test-t) untuk mengetahui hasil penelitian dan
anova dua arah untuk melihat interaksi. Berdasarkan hasil analisis data, didapat
kesimpulan bahwa: 1) Terdapat pengaruh kemampuan pemecahan masalah
matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe
Numbered Heads Together (NHT) dengan siswa yang belajar menggunakan
pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dilihat dari nilai |
id |
IOS7815.13245 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2019-07-31T02:10:53Z |
last_indexed |
2019-07-31T02:10:53Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674821994111041536 |
score |
17.538404 |