ctrlnum 13240
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/13240/</relation><title>PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI PENGETAHUAN AWAL MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS PEKANBARU</title><creator>DHIAN INDAH FITRIA, </creator><subject>371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar</subject><description>Berpikir kritis merupakan suatu keterampilan yang diperlukan dalam&#xD; penyelesaian masalah bermasyarakat, begitupun halnya dalam pembelajaran&#xD; matematika siswa dihadapkan dengan permasalahan yang memerlukan pemecahan&#xD; dengan keterampilan berpikir. Untuk itu dibutuhkan suatu pembelajaran yang&#xD; memberikan stimulus kepada siswa untuk berpikir kritis salah satunya dengan&#xD; model pembelajaran Creative Probem Solving .Penelitian ini bertujuan untuk&#xD; mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran creative problem solving&#xD; terhadap kemampuan berpikir kritis matematis ditinjau dari pengetahuan awal&#xD; matematika siswa Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini merupakan penelitian&#xD; Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Nonequivalent PosttestOnly&#xD; Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Mathematic Sains (M.S) SMAN Plus Provinsi Riau tahun ajaran 2017/2018 dengan sampel penelitian kelas XI M.S.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI M.S.4 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling dengan teknik analisis data yaitu uji Anova Dua Arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang mengikuti model&#xD; pembelajaran Creative Problem Solving dengan siswa yang mengikuti&#xD; pembelajaran konvensional. 2) Terdapat pengaruh pengetahuan awal matematika&#xD; siswa terhadap kemampuan berpikir kritis matematis. 3) Tidak terdapat interaksi&#xD; antara model pembelajaran dengan kemampuan berpikir kritis matematis siswa&#xD; ditinjau dari Pengetahuan Awal Matematika.&#xD; &#xD; Kata kunci: Creative Problem Solving, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis,&#xD; Pengetahuan Awal Matematika.</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13240/1/1.%20COVER_2018627PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13240/2/2.%20PENGESAHAN_2018627PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13240/3/3.%20ABSTRAK_2018627PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13240/4/4.%20PENGHARGAAN_2018627PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13240/5/5.%20DAFTAR%20ISI_2018627PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13240/6/6.%20BAB%20I_2018627PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13240/7/7.%20BAB%20II_2018627PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13240/8/8.%20BAB%20III_2018627PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13240/9/9.%20BAB%20IV_2018627PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13240/10/10.%20BAB%20V_2018627PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13240/11/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA_2018627PMT.pdf</identifier><identifier> DHIAN INDAH FITRIA, (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI PENGETAHUAN AWAL MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>13240</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author DHIAN INDAH FITRIA,
title PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI PENGETAHUAN AWAL MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS PEKANBARU
publishDate 2018
topic 371.3 Metode Belajar Mengajar
Kegiatan Belajar Mengajar
url http://repository.uin-suska.ac.id/13240/1/1.%20COVER_2018627PMT.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/13240/2/2.%20PENGESAHAN_2018627PMT.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/13240/3/3.%20ABSTRAK_2018627PMT.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/13240/4/4.%20PENGHARGAAN_2018627PMT.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/13240/5/5.%20DAFTAR%20ISI_2018627PMT.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/13240/6/6.%20BAB%20I_2018627PMT.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/13240/7/7.%20BAB%20II_2018627PMT.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/13240/8/8.%20BAB%20III_2018627PMT.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/13240/9/9.%20BAB%20IV_2018627PMT.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/13240/10/10.%20BAB%20V_2018627PMT.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/13240/11/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA_2018627PMT.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/13240/
contents Berpikir kritis merupakan suatu keterampilan yang diperlukan dalam penyelesaian masalah bermasyarakat, begitupun halnya dalam pembelajaran matematika siswa dihadapkan dengan permasalahan yang memerlukan pemecahan dengan keterampilan berpikir. Untuk itu dibutuhkan suatu pembelajaran yang memberikan stimulus kepada siswa untuk berpikir kritis salah satunya dengan model pembelajaran Creative Probem Solving .Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran creative problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis matematis ditinjau dari pengetahuan awal matematika siswa Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Nonequivalent PosttestOnly Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Mathematic Sains (M.S) SMAN Plus Provinsi Riau tahun ajaran 2017/2018 dengan sampel penelitian kelas XI M.S.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI M.S.4 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling dengan teknik analisis data yaitu uji Anova Dua Arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Creative Problem Solving dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. 2) Terdapat pengaruh pengetahuan awal matematika siswa terhadap kemampuan berpikir kritis matematis. 3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan berpikir kritis matematis siswa ditinjau dari Pengetahuan Awal Matematika. Kata kunci: Creative Problem Solving, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Pengetahuan Awal Matematika.
id IOS7815.13240
institution Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 47
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
library_id 4
collection Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau
repository_id 7815
city KOTA PEKANBARU
province RIAU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7815
first_indexed 2019-07-31T02:10:53Z
last_indexed 2019-07-31T02:10:53Z
recordtype dc
_version_ 1674821994090070016
score 17.538404