PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI PENGETAHUAN AWAL MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS PEKANBARU
ctrlnum |
13240 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/13240/</relation><title>PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI PENGETAHUAN AWAL MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS PEKANBARU</title><creator>DHIAN INDAH FITRIA, </creator><subject>371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar</subject><description>Berpikir kritis merupakan suatu keterampilan yang diperlukan dalam
penyelesaian masalah bermasyarakat, begitupun halnya dalam pembelajaran
matematika siswa dihadapkan dengan permasalahan yang memerlukan pemecahan
dengan keterampilan berpikir. Untuk itu dibutuhkan suatu pembelajaran yang
memberikan stimulus kepada siswa untuk berpikir kritis salah satunya dengan
model pembelajaran Creative Probem Solving .Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran creative problem solving
terhadap kemampuan berpikir kritis matematis ditinjau dari pengetahuan awal
matematika siswa Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini merupakan penelitian
Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Nonequivalent PosttestOnly
Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Mathematic Sains (M.S) SMAN Plus Provinsi Riau tahun ajaran 2017/2018 dengan sampel penelitian kelas XI M.S.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI M.S.4 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling dengan teknik analisis data yaitu uji Anova Dua Arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang mengikuti model
pembelajaran Creative Problem Solving dengan siswa yang mengikuti
pembelajaran konvensional. 2) Terdapat pengaruh pengetahuan awal matematika
siswa terhadap kemampuan berpikir kritis matematis. 3) Tidak terdapat interaksi
antara model pembelajaran dengan kemampuan berpikir kritis matematis siswa
ditinjau dari Pengetahuan Awal Matematika.

Kata kunci: Creative Problem Solving, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis,
Pengetahuan Awal Matematika.</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13240/1/1.%20COVER_2018627PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13240/2/2.%20PENGESAHAN_2018627PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13240/3/3.%20ABSTRAK_2018627PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13240/4/4.%20PENGHARGAAN_2018627PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13240/5/5.%20DAFTAR%20ISI_2018627PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13240/6/6.%20BAB%20I_2018627PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13240/7/7.%20BAB%20II_2018627PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13240/8/8.%20BAB%20III_2018627PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13240/9/9.%20BAB%20IV_2018627PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13240/10/10.%20BAB%20V_2018627PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13240/11/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA_2018627PMT.pdf</identifier><identifier> DHIAN INDAH FITRIA, (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI PENGETAHUAN AWAL MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>13240</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
DHIAN INDAH FITRIA, |
title |
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI PENGETAHUAN AWAL MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS PEKANBARU |
publishDate |
2018 |
topic |
371.3 Metode Belajar Mengajar Kegiatan Belajar Mengajar |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/13240/1/1.%20COVER_2018627PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13240/2/2.%20PENGESAHAN_2018627PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13240/3/3.%20ABSTRAK_2018627PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13240/4/4.%20PENGHARGAAN_2018627PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13240/5/5.%20DAFTAR%20ISI_2018627PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13240/6/6.%20BAB%20I_2018627PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13240/7/7.%20BAB%20II_2018627PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13240/8/8.%20BAB%20III_2018627PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13240/9/9.%20BAB%20IV_2018627PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13240/10/10.%20BAB%20V_2018627PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13240/11/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA_2018627PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13240/ |
contents |
Berpikir kritis merupakan suatu keterampilan yang diperlukan dalam
penyelesaian masalah bermasyarakat, begitupun halnya dalam pembelajaran
matematika siswa dihadapkan dengan permasalahan yang memerlukan pemecahan
dengan keterampilan berpikir. Untuk itu dibutuhkan suatu pembelajaran yang
memberikan stimulus kepada siswa untuk berpikir kritis salah satunya dengan
model pembelajaran Creative Probem Solving .Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran creative problem solving
terhadap kemampuan berpikir kritis matematis ditinjau dari pengetahuan awal
matematika siswa Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini merupakan penelitian
Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Nonequivalent PosttestOnly
Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Mathematic Sains (M.S) SMAN Plus Provinsi Riau tahun ajaran 2017/2018 dengan sampel penelitian kelas XI M.S.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI M.S.4 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling dengan teknik analisis data yaitu uji Anova Dua Arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang mengikuti model
pembelajaran Creative Problem Solving dengan siswa yang mengikuti
pembelajaran konvensional. 2) Terdapat pengaruh pengetahuan awal matematika
siswa terhadap kemampuan berpikir kritis matematis. 3) Tidak terdapat interaksi
antara model pembelajaran dengan kemampuan berpikir kritis matematis siswa
ditinjau dari Pengetahuan Awal Matematika.
Kata kunci: Creative Problem Solving, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis,
Pengetahuan Awal Matematika. |
id |
IOS7815.13240 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2019-07-31T02:10:53Z |
last_indexed |
2019-07-31T02:10:53Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674821994090070016 |
score |
17.538404 |