PENGARUH PENGETAHUAN KONSUMEN DAN KESADARAN HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK MEREK MAYBELLINE DI KELURAHAN SIALANG SAKTI PEKANBARU
Daftar Isi:
- Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan pengetahuan konsumen dan kesadaran halal terhadap keputusan pembelian produk kosmetik merek Maybelline di Kelurahan Sialang Sakti Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan di Perumahan Pondok Mayang Pekanbaru. Jumlah sampel dalam penelitian adalah 100 orang responden dengan metode pengambilan sampel purposive sampling. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan regresi linier berganda. Hasil dari penelitian yang telah dilaksanakan didapatkan persamaan ragresi linier berganda Y = -2,114+ 0,884X1 + 0,209X2 + e. Hasil Fhitung sebesar (126,102) > Ftabel (3,090) dengan Sig. (0,000) < 0,05. Artinya pengetahuan konsumen dan kesadaran halal memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian pada produk kosmetik merek Maybelline di Kelurahan Sialang Sakti Pekanbaru. Dengan nilai R berarti terdapat hubungan antara pengetahuan konsumen dan kesadaran halal memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian pada produk kosmetik merek Maybelline sebesar 85%. Nilai R Square berarti variabel keputusan pembelian dapat dijelesakan oleh variabel pengetahuan konsumen dan kesadaran halal sebesar 72,2% dan 27,8% dipengaruhi oleh variabel lain. Kata Kunci : Pengetahuan konsumen, Kesadaran Halal dan Keputusan Pembelian