PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PEKANBARU
ctrlnum |
12856 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/12856/</relation><title>PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PEKANBARU</title><creator>NIA ANGGRAINI, </creator><subject>371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan 
kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti
pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS)
dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional ditinjau dari kemandirian
belajar tinggi, sedang, dan rendah pada siswa Sekolah Menengah Pertama
Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain
yang digunakan adalah The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Pertama
Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII 6 sebagai kelas
eksperimen dan kelas VIII 5 sebagai kelas kontrol di Sekolah Menengah Pertama
Negeri 16 Pekanbaru. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah
Purposive Sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah menggunakan anova dua arah. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian
untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan angket
untuk mengukur kemandirian belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data,
didapat kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan
masalah matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran yang menerapkan
model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan siswa yang mengikuti
pembelajaran konvensional, 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan
masalah matematis antara siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi,
sedang, dan rendah, 3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran
kooperatif tipe Think Pair Share dan kemandirian belajar terhadap kemampuan
pemecahan masalah matematis siswa. 

Kata kunci : Think Pair Share, Pemecahan Masalah Matematis, Kemandirian Belajar.</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/12856/1/1.%20COVER_2018425PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/12856/2/2.%20PENGESAHAN_2018425PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/12856/3/3.%20ABSTRAK_2018425PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/12856/4/4.%20PENGHARGAAN_2018425PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/12856/5/5.%20DAFTAR%20ISI_2018425PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/12856/6/6.%20BAB%20I_2018425PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/12856/7/7.%20BAB%20II_2018425PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/12856/8/8.%20BAB%20III_2018425PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/12856/9/9.%20BAB%20IV_2018425PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/12856/10/10.%20BAB%20V_2018425PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/12856/11/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA_2018425PMT.pdf</identifier><identifier> NIA ANGGRAINI, (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>12856</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
NIA ANGGRAINI, |
title |
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PEKANBARU |
publishDate |
2018 |
topic |
371.3 Metode Belajar Mengajar Kegiatan Belajar Mengajar |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/12856/1/1.%20COVER_2018425PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/12856/2/2.%20PENGESAHAN_2018425PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/12856/3/3.%20ABSTRAK_2018425PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/12856/4/4.%20PENGHARGAAN_2018425PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/12856/5/5.%20DAFTAR%20ISI_2018425PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/12856/6/6.%20BAB%20I_2018425PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/12856/7/7.%20BAB%20II_2018425PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/12856/8/8.%20BAB%20III_2018425PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/12856/9/9.%20BAB%20IV_2018425PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/12856/10/10.%20BAB%20V_2018425PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/12856/11/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA_2018425PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/12856/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan
kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti
pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS)
dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional ditinjau dari kemandirian
belajar tinggi, sedang, dan rendah pada siswa Sekolah Menengah Pertama
Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain
yang digunakan adalah The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Pertama
Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII 6 sebagai kelas
eksperimen dan kelas VIII 5 sebagai kelas kontrol di Sekolah Menengah Pertama
Negeri 16 Pekanbaru. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah
Purposive Sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah menggunakan anova dua arah. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian
untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan angket
untuk mengukur kemandirian belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data,
didapat kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan
masalah matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran yang menerapkan
model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan siswa yang mengikuti
pembelajaran konvensional, 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan
masalah matematis antara siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi,
sedang, dan rendah, 3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran
kooperatif tipe Think Pair Share dan kemandirian belajar terhadap kemampuan
pemecahan masalah matematis siswa.
Kata kunci : Think Pair Share, Pemecahan Masalah Matematis, Kemandirian Belajar. |
id |
IOS7815.12856 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2019-07-31T02:10:35Z |
last_indexed |
2019-07-31T02:10:35Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674821991521058816 |
score |
17.538404 |