ctrlnum 12856
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/12856/</relation><title>PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PEKANBARU</title><creator>NIA ANGGRAINI, </creator><subject>371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan &#xD; kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti&#xD; pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS)&#xD; dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional ditinjau dari kemandirian&#xD; belajar tinggi, sedang, dan rendah pada siswa Sekolah Menengah Pertama&#xD; Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain&#xD; yang digunakan adalah The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design.&#xD; Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Pertama&#xD; Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII 6 sebagai kelas&#xD; eksperimen dan kelas VIII 5 sebagai kelas kontrol di Sekolah Menengah Pertama&#xD; Negeri 16 Pekanbaru. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah&#xD; Purposive Sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini&#xD; adalah menggunakan anova dua arah. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian&#xD; untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan angket&#xD; untuk mengukur kemandirian belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data,&#xD; didapat kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan&#xD; masalah matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran yang menerapkan&#xD; model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan siswa yang mengikuti&#xD; pembelajaran konvensional, 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan&#xD; masalah matematis antara siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi,&#xD; sedang, dan rendah, 3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran&#xD; kooperatif tipe Think Pair Share dan kemandirian belajar terhadap kemampuan&#xD; pemecahan masalah matematis siswa. &#xD; &#xD; Kata kunci : Think Pair Share, Pemecahan Masalah Matematis, Kemandirian Belajar.</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/12856/1/1.%20COVER_2018425PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/12856/2/2.%20PENGESAHAN_2018425PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/12856/3/3.%20ABSTRAK_2018425PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/12856/4/4.%20PENGHARGAAN_2018425PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/12856/5/5.%20DAFTAR%20ISI_2018425PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/12856/6/6.%20BAB%20I_2018425PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/12856/7/7.%20BAB%20II_2018425PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/12856/8/8.%20BAB%20III_2018425PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/12856/9/9.%20BAB%20IV_2018425PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/12856/10/10.%20BAB%20V_2018425PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/12856/11/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA_2018425PMT.pdf</identifier><identifier> NIA ANGGRAINI, (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>12856</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author NIA ANGGRAINI,
title PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PEKANBARU
publishDate 2018
topic 371.3 Metode Belajar Mengajar
Kegiatan Belajar Mengajar
url http://repository.uin-suska.ac.id/12856/1/1.%20COVER_2018425PMT.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/12856/2/2.%20PENGESAHAN_2018425PMT.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/12856/3/3.%20ABSTRAK_2018425PMT.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/12856/4/4.%20PENGHARGAAN_2018425PMT.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/12856/5/5.%20DAFTAR%20ISI_2018425PMT.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/12856/6/6.%20BAB%20I_2018425PMT.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/12856/7/7.%20BAB%20II_2018425PMT.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/12856/8/8.%20BAB%20III_2018425PMT.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/12856/9/9.%20BAB%20IV_2018425PMT.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/12856/10/10.%20BAB%20V_2018425PMT.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/12856/11/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA_2018425PMT.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/12856/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional ditinjau dari kemandirian belajar tinggi, sedang, dan rendah pada siswa Sekolah Menengah Pertama Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Pertama Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII 6 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 5 sebagai kelas kontrol di Sekolah Menengah Pertama Negeri 16 Pekanbaru. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan anova dua arah. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan angket untuk mengukur kemandirian belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data, didapat kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi, sedang, dan rendah, 3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata kunci : Think Pair Share, Pemecahan Masalah Matematis, Kemandirian Belajar.
id IOS7815.12856
institution Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 47
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
library_id 4
collection Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau
repository_id 7815
city KOTA PEKANBARU
province RIAU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7815
first_indexed 2019-07-31T02:10:35Z
last_indexed 2019-07-31T02:10:35Z
recordtype dc
_version_ 1674821991521058816
score 17.538404