PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING (CORE) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN PENGETAHUAN AWAL MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PEKANBARU
ctrlnum |
12849 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/12849/</relation><title>PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING (CORE) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN PENGETAHUAN AWAL MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PEKANBARU</title><creator>WIDYA NOVITA, </creator><subject>371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki ada tidaknya perbedaan
kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti model
pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) dengan
siswa yang mengikuti model pembelajaran yang diterapkan oleh guru berdasarkan
pengetahuan awal tinggi, sedang, dan rendah pada siswa kelas VIII MTs AlMutttaqin

Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Eksperimen
dengan desain penelitian The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design.
Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs AlMuttaqin
Pekanbaru. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik
Porposive Sampling, terpilih kelas VIII-D sebagai kelas eksperimen yang
diberikan model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending
(CORE), dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol yang diberikan model
pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Teknik analisis data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah anova dua arah (two way anova). Instrumen yang
digunakan adalah tes uraian untuk mengukur pengetahuan awal matematika dan
kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Berdasarkan hasil analis data
dapat disimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah
matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran CORE dengan
siswa yang menggunakan pembelajaran yang diterapkan oleh guru; 2) Terdapat
perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang
memiliki pengetahuan awal tinggi, sedang, dan rendah; 3) Tidak terdapat interaksi
model pembelajaran CORE dan pengetahuan awal matematika terhadap
kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Kata kunci: Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Pengetahuan Awal</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/12849/1/1.%20COVER_2018418PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/12849/2/2.%20PENGESAHAN_2018418PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/12849/3/3.%20ABSTRAK_2018418PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/12849/4/4.%20PENGHARGAAN_2018418PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/12849/5/5.%20DAFTAR%20ISI_2018418PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/12849/6/6.%20BAB%20I_2018418PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/12849/7/7.%20BAB%20II_2018418PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/12849/8/8.%20BAB%20III_2018418PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/12849/9/9.%20BAB%20IV_2018418PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/12849/10/10.%20BAB%20V_2018418PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/12849/11/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA_2018418PMT.pdf</identifier><identifier> WIDYA NOVITA, (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING (CORE) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN PENGETAHUAN AWAL MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>12849</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
WIDYA NOVITA, |
title |
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING (CORE) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN PENGETAHUAN AWAL MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PEKANBARU |
publishDate |
2018 |
topic |
371.3 Metode Belajar Mengajar Kegiatan Belajar Mengajar |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/12849/1/1.%20COVER_2018418PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/12849/2/2.%20PENGESAHAN_2018418PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/12849/3/3.%20ABSTRAK_2018418PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/12849/4/4.%20PENGHARGAAN_2018418PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/12849/5/5.%20DAFTAR%20ISI_2018418PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/12849/6/6.%20BAB%20I_2018418PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/12849/7/7.%20BAB%20II_2018418PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/12849/8/8.%20BAB%20III_2018418PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/12849/9/9.%20BAB%20IV_2018418PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/12849/10/10.%20BAB%20V_2018418PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/12849/11/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA_2018418PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/12849/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki ada tidaknya perbedaan
kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti model
pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) dengan
siswa yang mengikuti model pembelajaran yang diterapkan oleh guru berdasarkan
pengetahuan awal tinggi, sedang, dan rendah pada siswa kelas VIII MTs AlMutttaqin
Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Eksperimen
dengan desain penelitian The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design.
Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs AlMuttaqin
Pekanbaru. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik
Porposive Sampling, terpilih kelas VIII-D sebagai kelas eksperimen yang
diberikan model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending
(CORE), dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol yang diberikan model
pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Teknik analisis data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah anova dua arah (two way anova). Instrumen yang
digunakan adalah tes uraian untuk mengukur pengetahuan awal matematika dan
kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Berdasarkan hasil analis data
dapat disimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah
matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran CORE dengan
siswa yang menggunakan pembelajaran yang diterapkan oleh guru; 2) Terdapat
perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang
memiliki pengetahuan awal tinggi, sedang, dan rendah; 3) Tidak terdapat interaksi
model pembelajaran CORE dan pengetahuan awal matematika terhadap
kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Kata kunci: Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Pengetahuan Awal |
id |
IOS7815.12849 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2019-07-31T02:10:35Z |
last_indexed |
2019-07-31T02:10:35Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674821991491698688 |
score |
17.538404 |