PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI PEKANBARU
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di SMP IT AZ-ZUHRA Pekanbaru. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di SMP IT AZ-ZUHRA Pekanbaru peneliti menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization (TAI )dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang diterapkan strategi pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization (TAI )dengan siswa yang diterapkan pembelajaran secara konvensioal di SMP IT Az-Zuhra Pekanbaru Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Quasi Eksperimen dan desain yang digunakana adalah Nonequivalent Control Group Design. Dalam penelitian ini peneliti yang berperan langsung dalam proses pembelajaran dan guru sebagai observer. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP IT AZ-ZUHRA Pekanbaru, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan enam kali, yaitu satu kali pertemuan pretest, empat kali pertemuan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI, dan satu pertemuan lagi dilaksanakan posttest. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan uji Chi Kuadrat untuk menguji normalitas data, uji varians untuk melihat homogenitas data, kemudian digunakan rumus uji âtâ untuk mengetahui hasil penelitian. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh nilai thitung sebesar 2,210 dan nilai ttabel pada taraf signifikan 5% = 2,00 maka thitung > ttabell atau 2,210 > 2,00 ini berati bahwa ha diterima dan ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Artinya dari adanya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, maka terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP IT AZZUHRA Pekanbaru