ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA PRODUK DENGAN MENGGUNAKAN METODE CUSTOMER SATISFACTION INDEX (CSI) DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) (Studi Kasus Minimarket GARUDA Pekanbaru)
Main Author: | DUWI BUDIANTO, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/1204/1/2013_2013019.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/1204/ |
Daftar Isi:
- Banyaknya perusahaan yang masuk ke industri bisnis ritel membuat tingkat persaingan yang terjadi semakin ketat. Hal ini merupakan permasalahan yang harus diperhatikan oleh pihak perusahaan untuk menjaga keberlangsungan usahanya dimasa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisa pengaruh dari faktor pelayanan dan Harga Produk terhadap kepuasan konsumen, menganalisa hal-hal yang menjadi prioritas perbaikan tehadap faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen, serta memberikan strategi usulan pada faktor-faktor yang menjadi prioritas. Metode yang digunakan adalah Customer Satisfaction Index (CSI) untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen dan Importance Performance Analysis (IPA) untuk mengetahui prioritas terhadap faktor-faktor yang dapat mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada para responden untuk mendapatkan tingkat kinerja serta harapan para pelanggan. Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa masih terdapat kepentingan atau harapan pelanggan yang belum dapat terpenuhi oleh pihak Minimarket, hal tersebut dapat dilihat dari nilai CSI yang diperoleh yaitu sebesar 50.30%. Adapun hal-hal yang perlu dilakukan perbaikan yaitu faktor-faktor yang terdapat pada kuadran A yang memiliki tingkat Kepentingan tinggi dan dengan tingkat kinerja yang masih rendah, sedangkan strategi usulan yang diberikan yaitu dengan melakukan benchmarking terhadap tiga (3) kompetitornya yang didasari pada literatur pendukung.