PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK BERTUKAR PASANGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTs SAWAH KECAMATAN KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Mitra Dewi,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
SMP
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/1091/1/2011_2011518.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/1091/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII MTs Sawah Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Bertukar Pasangan. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Bagaimanakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII MTs Sawah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Bertukar Pasangan?”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang berkolaborasi antara guru mata pelajaran matematika dan peneliti. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Sawah yang berjumlah 26 orang, sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan dokumentasi, observasi, dan tes. Peneliti memberikan tes di akhir pembelajaran. Setelah diperoleh data hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan tindakan, Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Adapun analisis skor ketuntasan yang diperoleh siswa sebelum tindakan secara klasikal adalah 38,46%, sedangkan skor ketuntasan pada siklus I adalah 53,84%, siklus II adalah 65,38%, dan siklus III adalah 84.61%. Dari data yang dipaparkan ini, dapat disimpulkan bahwasanya penerapan model pembelajaran teknik bertukar pasangan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa khususnya untuk kategori pemecahan masalah matematika.